Covid-19 RI Bertambah 3.778, Kasus Jateng & Banten Naik 2 Kali Lipat

Image title
6 November 2020, 18:02
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Petugas kesehatan memeriksa sampel tes usap PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Tangerang, Banten, Kamis (5/11/2020). Kasus Covid-19 di Banten naik dua kali lipat dalam satu hari.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat tambahan kasus Covid-19 pada Jumat (6/11) sebesar 3.778 orang. Jumlah tersebut lebih rendah daripada hari sebelumnya yang mencapai 4.065.

Namun, sejumlah provinsi justru mencatatkan kenaikkan kasus yang cukup tajam. Seperti angka di Jawa Tengah yang mencapai 613 dari sehari sebelumnya 360.

Hal serupa terjadi di Banten yang kasusnya melonjak dari 50 menjadi 104. Padahal dalam seminggu terakhir, angka penambahan Covid-19 di Banten selalu di bawah 100.

Pemerintah Provinsi Banten memang berupaya menekan penularan virus corona. Salah satu caranya dengan menggandeng tokoh agama dan masyarakat untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

Untuk mencapai hal tersebut, Pemprov Banten berencana mengeluarkan peraturan daerah. Beleid tersebut diluncurkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan dengan cara persuasif.

"Perda tidak akan mencantumkan sanksi karena untuk mengedukasi masyarakat," ujar Gubernur Banten Wahidin Halim dalam siaran pers pada Kamis (5/11).

Secara kumulatif, kasus Covid-19 di Indonesia per 6 November 2020 mencapai 429.574. Dari jumlah tersebut, sebanyak 54.427 merupakan kasus aktif.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...