Jumlah Tes Turun Tajam Akhir Pekan, Covid-19 RI Tambah 3.880 Orang

Image title
8 November 2020, 18:38
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ADI MAULANA IBRAHIM|KATADATA
Petugas medis melakukan tes Swab COVID-19 kepada penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/5). Jumlah tes di Indonesia selalu turun di akhir pekan.

Jumlah penderita Covid-19 di Indonesia pada Minggu (8/11) bertambah 3.880 orang. Angka tersebut lebih kecil dibandingkan hari sebelumnya yang mencapai 4.262 orang.

Hal itu sejalan dengan jumlah tes virus corona yang menurun drastis. Pada hari ini, jumlah spesimen yang dites hanya bertambah 35.588, lebih rendah dari hari sebelumnya 38.249.

Sedangkan jumlah orang yang dites hanya mencapai 20.941, lebih kecil dibandingkan Sabtu (7/11) sebesar 29.116 orang. Jumlah spesimen dan orang yang dites memang berbeda karena satu orang dapat diuji spesimennya beberapa kali.

Adapun total kasus Covid-19 mencapai 437.716 dan total orang dites sebesar 3,08 juta. Dengan begitu, Indonesia mencatatkan positivity rate mencapai 14,2%. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari target WHO sebesar 5%.

Ahli Epidemiologi Universitas Griffith Australia, dr. Dicky Budiman, mengatakan salah satu hal yang belum berhasil dicapai pemerintah yaitu penurunan positivity rate. Padahal hal tersebut sudah tercantum dalam rekomendasi Intra Action Review (IAR). 

Dalam rekomendasi tersebut, pemerintah harus menyediakan jaringan laboratorium dan meningkatkan kapasitas tes untuk mencapai target positivity rate WHO. "Aspek testing dan tracing yang paling terlihat, karena kita belum mencapai positivity rate 5%," ujar Dicky ke Katadata.co.id pada Jumat (6/11).

Di sisi lain, Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan jumlah tes Covid-19 memang selalu turun setiap akhir pekan. Hal itu terjadi karena keterbatasan operasional laboratorium.

Padahal, jumlah masyarakat yang harus dites cukup banyak dan tersebar dalam wilayah yang luas. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah laboratorium dan fasilitas pendukungnya seperti reagen.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...