Tiongkok Kembangkan Vaksin Corona dalam Bentuk Semprotan Hidung

Image title
9 November 2020, 15:06
vaksin virus corona, virus corona, pandemi corona, covid-19, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Ilustrasi, vaksin. Tiongkok mengembangkan vaksin virus corona berbentuk semprotan hidung untuk menangkal virus mulai dari saluran pernapasan.

Perusahaan asal Tiongkok, Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterpise Co. Ltd, mengembangkan vaksin virus corona berbentuk semprotan hidung. Vaksin tersebut diharapkan memicu respon kekebalan terhadap Covid-19 di saluran pernapasan.

Vaksin tersebut juga menjadi metode alternatif dari vaksinasi yang biasa diberikan melalui suntikan di lengan. Adapun pengembangan vaksin bakal memasuki tahap uji klinis tahap kedua yang melibatkan 720 peserta.

Advertisement

Uji klinisnya dilaksanakan di pusat pengendalian dan pencegahan penyakit tingkat kota di provinsi timur Jiangsu mulai 17 November 2020. Uji klinis tersebut akan melihat faktor keamanan dan kekebalan yang terbentuk dari pemberian vaksin secara bertahap dalam dua atau tiga minggu.

Beijing Wantai akan menguji vaksin semprot dengan menggunakan virus influenza yang dilemahkan. Virus tersebut kemudian digabungkan dengan potongan genetik dari protein virus corona.

Dengan cara tersebut, peneliti dapat mengevaluasi antibodi yang sudah terbentuk pada orang sehat terhadap virus flu yang sudah dimodifikasi. Hal itu akan menunjukkan pengaruh vaksin terhadap pembentukan antibodi.

Para peneliti di Inggris juga mempelajari kandidat vaksin Covid-19 versi inhaler untuk melihat respon imun lokal di saluran pernapasan. Selain itu, kandidat vaksin corona di seluruh dunia telah memasuki tahap uji klinis ketiga. AstraZeneca bahkan menargetkan kandidat vaksin corona bisa diproduksi tahun ini. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement