Kasus Covid-19 Tambah 2.853, Kurva Pandemi di RI Diprediksi Masih Naik

Image title
9 November 2020, 18:46
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3m
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Warga menjalani "swab test" di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Pemerintah dinilai belum mampu mengendalikan pandemi karena jumlah tes yang rendah.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat kasus Covid-19 pada Senin (9/11) bertambah 2.853 orang. Jumlah tersebut turun dari hari sebelumnya sebesar 3.880 kasus.

Bahkan penambahan kasus hari ini merupakan yang terendah dalam sepekan terakhir. Pada 3 November 2020, tambahan kasus positif virus corona mencapai 2.973.

Advertisement

Meski begitu, Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan jumlah kasus Covid-19 belum memasuki kurva turun. Justru angka positif virus corona bakal makin meningkat.

Salah satu faktornya yaitu libur panjang pekan lalu. Menurut Pandu, dampak libur tersebut sudah mulai terasa pada pekan ini. Dia pun memproyeksi lonjakan kasus akan terjadi pada pekan depan.

Selain itu, jumlah tes yang masih rendah juga menyebabkan penularan virus corona semakin masif. Pasalnya, pemerintah gagal mendeteksi orang-orang yang telah terinfeksi Covid-19.

"Paling penting itu testing, untuk mengidentifikasi orang-orang yang menularkan virus," ujar Pandu kepada Katadata.co.id pada Senin (9/11).

Menurut dia, Covid-19 yang merupakan penyakit menular hanya bisa dikendalikan jika jumlah tes cukup banyak. Oleh karena itu, dia terus mendorong pemerintah meningkatkan jumlah tes.

Dia juga mengkritik upaya pemerintah yang menangani pandemi dengan pendekatan ekonomi. Sehingga fokus pemerintah justru bukan pada aspek yang penting seperti tes dan pelacakan, namun kepada penyediaan vaksin.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement