Terawan Ajak Masyarakat Disiplin 3M Agar RI Terbebas dari Pandemi

Image title
12 November 2020, 14:32
terawan, kesehatan, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan salam saat akan mengikuti rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Terawan menyebut menjalankan 3M menjadi upaya untuk melindungi diri, keluarga dan masyarkat dari Covid-19.

Kementerian Kesehatan mendorong masyarakat menjalankan protokol kesehatan agar Indonesia segera terbebas dari pandemi. Caranya dengan disiplin gerakan 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. 

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan menjalankan protokol kesehatan tidak hanya berguna melindungi diri dan keluarga, tetapi masyarakat luas dari penularan Covid-19. "Selamatkan bangsa dari pandemi dengan cara memakai masker dengan benar, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan dengan sabun," kata Terawan dalam acara peringatan Hari Kesehatan Nasional di Jakarta, Kamis (12/11).

Dalam acara peringatan Hari Kesehatan Nasional 2020, Terawan juga mengajak seluruh elemen masyarakat bertepuk tangan selama 56 detik untuk para tenaga kesehatan, yang telah berjuang memberikan pelayanan kesehatan pada masa pandemi. Selain itu, apresiasi juga diberikan bagi warga yang disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari dalam Buku Pedoman HKN ke-56 menyatakan bahwa peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini mengangkat tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat." Hal itu menjadi seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan segenap komponen masyarakat untuk berjuang keluar dari pandemi.

"Tema itu agar masyarakat tidak putus asa, tidak menyerah, dan tidak kendor dalam menjaga kesehatan diri, demi mewujudkan Indonesia Sehat," ujar Kirana. 

Berdasarkan hasil evaluasi Satgas Penanganan Covid-19 di masa liburan panjang periode 28 Oktober - 1 November 2020, mayoritas masyarakat menggunakan masker di tempat-tempat wisata. Selain itu, tempat-tempat wisata sudah menyiapkan tempat mencuci tangan.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...