CDC Terbitkan Rekomendasi Masker yang Tepat untuk Cegah Covid-19

Image title
12 November 2020, 17:05
masker kesehatan, amerika serikat, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Pekerja mengecek masker bedah yang diproduksi di PT Univenus Cikupa, Cikupa, Tangerang, Banten, Rabu (11/11/2020). Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit atau CDC di Amerika Serikat (AS) menyarankan masyarakat menggunakan masker kain lapis dua atau lapis tiga untuk mencegah penularan Covid-19.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC Amerika Serikat (AS) menyebut penggunaan masker terbukti melindungi diri dari Covid-19. Namun, hanya beberapa jenis masker yang terbukti ampuh mencegah penularan virus corona.

CDC tidak menyarankan masyarakat umum menggunakan masker N95. Meskipun masker tersebut paling efektif karena mampu menyaring partikel hingga 95%.

Advertisement

Namun, masker N95 merupakan logistik yang penting bagi tenaga kesehatan. Sehingga pemakaiannya diprioritaskan untuk dokter dan perawat.

Selain itu, bentuk masker N95 biasanya disesuaikan dengan wajah setiap dokter dan perawat. Namun, masyarakat umum tak memiliki akses kepada ahli yang dapat menyesuaikan masker dengan bentuk wajah.

Lebih lanjut, CDC memperingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan masker serupa N95 yang dijual di ritel besar. Dr. Marybeth Sexton, Asisten Profesor di Divisi Penyakit Menular Emory University di Atlanta, mengatakan beberapa dari masker N95tersebut memiliki katup pernafasan.

Hal itu memang membuat penggunanya nyaman, namun berisiko mengalirkan udara ke luar. Bahkan jika ada hembusan nafas yang kuat, percikan air dari mulut bisa keluar melalui katup tersebut.

"Kami sangat menyarankan agar orang tidak memakai masker yang memiliki katup pernafasan," ujar Sexton.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement