WHO: Vaksin Saja Tidak Bisa Hentikan Pandemi Covid-19

Image title
17 November 2020, 13:11
who, vaksin virus corona, pandemi corona, pandemi, virus corona, covid-19, gerakan 3M, internasional
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Ilustrasi, vaksin. WHO meminta masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19 meskipun sudah ada vaksin virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebut pandemi tak akan berakhir hanya dengan vaksin virus corona. Pernyataan itu dibuat setelah beberapa perusahaan mengklaim vaksin yang dikembangkan efektif mencegah penyebaran virus corona

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan vaksin memang penting untuk mengendalikan pandemi. Namun, vaksin bukan satu-satunya alat mencegah penularan Covid-19.

Advertisement

Program vaksinasi justru harus diikuti oleh disiplin protokol kesehatan yang ketat, seperti peningkatan tes, isolasi, dan perawatan bagi  yang positif Covid-19.

Selain itu, upaya pelacakan dan karantina yang berkontak erat harus terus berjalan. Terakhir, pemerintah harus melibatkan komunitas dan mendorong setiap orang berhati-hati terhadap penularan virus.

"Vaksin tidak akan mengakhiri pandemi Covid-19," ujar Tedros dalam akun Twitter-nya pada Senin (16/11).

Terlebih lagi, pasokan vaksin bakal terbatas. Sehingga tidak semua orang akan mendapatkan vaksin virus corona.

WHO bakal memprioritaskan tenaga kesehatan, lansia, dan kelompok masyarakat yang berisiko tertular virus corona. Dengan cara tersebut, dia berharap jumlah kematian akan berkurang dan memberi waktu sistem kesehatan mengatasi orang yang sakit.


Vaksin Efektif Cegah Covid-19

Berbagai perusahaan berlomba-lomba mengembangkan vaksin virus corona. Beberapa di antaranya telah menunjukkan hasil yang positif.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement