Kasus Covid-19 Naik, Ganjar & IDI Usul Libur Panjang Desember Ditunda

Image title
17 November 2020, 16:23
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, kesehatan
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Pengunjung mendaftar untuk pemeriksaan tes cepat atau rapid test yang diadakan Dinas Kesehatan Kota Bogor di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Satgas Penanganan Covid-19 tengah mengevaluasi dampak libur panjang akhir Oktober 2020.

Angka Covid-19 kembali meningkat usai libur panjang akhir Oktober 2020. Bahkan penambahan kasus harian sempat menyentuh rekor tertinggi hingga 5.444 pada 13 November 2020.

Kala itu, Jawa Tengah tercatat sebagai penyumbang angka Covid-19 paling besar dengan 1.362. Angka tersebut melewati penambahan kasus di DKI Jakarta yang mencapai 1.033.

Dengan kejadian tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sepakat dengan usulan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menunda libur panjang akhir 2020. Hal itu untuk mencegah kerumunan massa yang meningkatkan risiko penularan Covid-19.

Selain itu, dia berkoordinasi dengan jajaran Polda Jateng untuk memetakan potensi kerumunan orang tanpa penerapan protokol kesehatan. Hal itu untuk mengantisipasi jika libur panjang akhir tahun tetap berjalan.

Nantinya, Pemerintah Provinsi bersama Kepolisian tidak akan izin kegiatan yang tidak membatasi jumlah orang. "Kita sudah bersiap untuk mengantisipasi potensi kerumunan, misalnya saat Maulid Nabi, Natal, dan perayaan tahun baru," ujar Ganjar dilansir dari Antara pada Senin (17/11).

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Daeng Faqih menyarankan penundaan libur panjang Natal dan Tahun Baru pada 24-31 Desember 2020. Hal itu berpotensi mengulang rekor penambahan kasus Covid-19 usai libur panjang akhir Oktober 2020.

Selain itu, dia menilai liburan bisa membuat masyarakat abai pada protokol kesehatan, 3M seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Padahal 3M sangat penting untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...