Jokowi Harap Masyarakat Mau Ikut Vaksinasi Covid-19

Image title
18 November 2020, 12:21
jokowi, vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/aww.
Presiden Joko Widodo mengenakan masker di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Jokowi berharap masyarakat mau melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Pemerintah terus berupaya mendapatkan vaksin virus corona sebagai jalan keluar dari pandemi. Nantinya, distribusi vaksin akan dibagi menjadi dua skema, yaitu vaksin bersubsidi (gratis) dan vaksin mandiri (berbayar).

Pemerintah berencana memberikan vaksin secara gratis kepada petugas yang bekerja di bidang pelayanan publik, dan penerima bantuan BPJS Kesehatan usia 15-59 tahun. Sedangkan vaksin mandiri akan dikelola melalui BUMN Bio Farma beserta mitra yang ditunjuk.

Presiden Joko Widodo pun berharap masyarakat mau mengikuti vaksinasi Covid-19. "Kami terus sosialisasi, pemberitahuan, agar nanti yang ikut vaksin itu sebanyak-banyaknya, baik nanti yang ikut program vaksinasi maupun vaksinasi mandiri," kata Presiden Jokowi di Puskesmas Tanah Sereal Bogor, Jawa Barat, seperti dilansir dari Antara pada Rabu (18/11). 

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan, ITAGI, UNICEF, dan WHO menyebut 7,6% masyarakat Indonesia tidak mau divaksinasi. Masyarakat yang menolak memiliki beragam alasan.

Pertama, mereka tidak yakin dengan keamananannya (59,03%), tidak yakin dengan efektivitas vaksin (43,17%), takut efek samping vaksin (24,2%) dan tidak percaya vaksin (26,04%).

Dalam survei itu juga ditemukan alasan masyarakat menolak atau tidak mau divaksin karena masalah agama sebesar 15,97% dan alasan lainnya 31,24%.

Presiden Siap Jadi yang Pertama Dapatkan Vaksin Virus Corona 

Selain mendorong masyarakat menerima vaksin virus corona, Presiden Jokowi pun siap menjadi deretan orang pertama yang menerima vaksin tersebut. Meski  begitu, dia  menegaskan pemerintah mengutamakan tenaga kesehatan yang menjadi penerima vaksin pertama.  

"Siapa yang akan divaksin terlebih dahulu? Nanti tenaga kesehatan baik itu dokter, perawat, tenaga medis, dan paramedis yang ada. Itu yang diberikan prioritas,"ujar dia.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...