Moderna akan Jual Vaksin Covid-19 Seharga Rp 350 Ribu per Dosis

Image title
22 November 2020, 12:56
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Rospotrebnadzor Federal Service for Surveillance on Consumer Rights Protection and Human Wellbeing/Handout /HP/dj
Ilusttasi, botol berisi vaksin virus corona. Moderna akan menjual vaksin buatannya seharga Rp 350.000 per dosis.

Moderna Inc berencana menjual vaksin virus corona seharga US$ 25-US$ 35 per dosis, atau sekitar Rp 350 ribu - Rp 525 ribu. Harga tersebut bisa berbeda sesuai jumlah pesanan.

CEO Moderna Stephane Bancel mengatakan harga vaksin Covid-19 tak jauh berbeda dengan harga vaksin flu yang berkisar US$ 10 hingga US$ 50. Rencananya, Uni Eropa menjadi salah satu calon pembeli vaksin Moderna.

Advertisement

Uni Eropa memang telah membahasa penyediaan vaksin dengan Moderna sejak Juli 2020. Negara-negara di Benua Biru itu membutuhkan jutaan dosis vaksin virus corona.

Namun, mereka ingin harga vaksin di bawah US$ 25 per dosis. Kedua pihak pun masih dalam pembicaraan terkait kesepakatan tersebut.

"Belum ada yang ditandatangani, tapi kami sedikit lagi sepakat dengan Komisi Uni Eropa. Kami ingin mendistribusikan ke Eropa dan dalam pembicaraan yang konstruktif," ujar Bancel.

Moderna pernah menyatakan vaksin hasil eksperimennya memiliki kemanjuran menangkal Covid-19 hingga 94,5%. Hal itu berdasarkan data interm uji klinis terakhir.

Moderna pun menjadi perusahaan kedua yang menunjukkan kemajuan dalam pengembangan vaksin. Sebelumnya, ada Pfizer dan mitranya BioNTech yang menyatakan vaksin buatannya efektif mencegah virus corona hingga 95%.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement