Satgas Fasilitasi Tes Covid-19, Rizieq Shihab Pilih Tes Usap Mandiri

Image title
23 November 2020, 13:33
Rizieq Shihab, FPI, virus corona, Covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Habib Rizieq Shihab (HRS) menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS diduga menderita gejala Covid-19.

Kepolisian menyatakan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab bakal menjalani tes usap Covid-19 secara mandiri. Pasalnya, Rizieq jatuh sakit setelah memimpin kerumunan massa di Petamburan, Tebet, dan Megamendung pekan lalu.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto mengatakan pihaknya berusaha menemui Rizieq pada Sabtu (21/11) setelah mendapatkan informasi dia menderita gejala Covid-19. Namun, pimpinan FPI itu tidak bisa ditemui dengan alasan tengah beristirahat.

Advertisement

Pihaknya pun hanya menyampaikan imbauan agar dia mengikuti tes Covid-19. “Katanya mereka mau melaksanakan swab mandiri,” ujar Heru dilansir dari Antara pada Senin (23/11).

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo memang meminta massa yang berkerumun di Bandara Soekarno Hatta, Petamburan, Tebet dan Megamendung, pada kurun 10-14 November 2020, mengikuti tes Covid-19. Massa tersebut berkerumun karena kedatangan Rizieq dari Arab Saudi, dan perayaan Maulid Nabi serta pernikahan anaknya.

Sejauh ini. Kementerian Kesehatan telah menemukan 80 orang positif dari kerumunan massa tersebut.“Seluruh masyarakat yang ikut dalam aktivitas tersebut agar secara sukarela bersedia untuk melakukan tes usap antigen yang telah disiapkan oleh pemerintah dan dinas kesehatan DKI Jakarta di sejumlah Puskesmas,” ujar Doni.

Doni mengatakan pemeriksaan usap antigen bagi masyarakat yang terlibat dalam kerumunan di sejumlah tempat itu gratis. Hal itu untuk mempercepat pelacakan kasus Covid-19 dari klaster di Petamburan, Tebet, dan Megamendung.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement