Peneliti Temukan Virus Corona Ada di Italia Sejak September 2019

Image title
23 November 2020, 10:57
virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, who, kesehatan, gerakan 3m
ANTARA FOTO/REUTERS/Remo Casilli/ama/cf
Remo Casilli Petugas kebersihan menyemprotkan disinfektan di dalam ruang arsip Anagrafe Roma,Italia, Jumat (27/3/2020). Peneliti di Kota Milan menemukan bahwa virus corona penyebab Covid-19 telah ada di Italia sejak September 2019.

Para peneliti di National Cancer Institute Kota Milan menemukan bahwa virus corona kemungkinan telah beredar di Italia sejak September 2019. Hal itu menandakan bahwa Covid-19 telah menyebar ke luar Tiongkok lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan virus corona penyebab Covid-19 dilaporkan pertama kali di Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2020. Sedangkan pasien Covid-19 pertama di Italia baru terdeteksi pada 21 Februari 2020 di kota kecil dekat Milan.

Advertisement

Namun, penelitian terhadap relawan sehat yang masuk daftar uji coba pemantauan kanker paru antara September 2019 dan Maret 2020 menemukan adanya antibodi virus corona. Peneliti menyebut 11,6% dari 959 relawan mengembangkan antibodi tersebut sebelum Februari 2020.

Tes antibodi SARS-CoV-2 secara spesifik dilanjutkan oleh Universitas Siena. Penulis studi Giovanni Apolone mengatakan kepada Reuters  bahwa ditemukan empat kasus dengan antibodi yang mampu menetralkan virus sejak minggu pertama Oktober 2019. “Orang tanpa gejala tidak hanya menjadi positif setelah tes serologis tetapi juga memiliki antibodi yang mampu membunuh virus,” kata Apolone dikutip dari Reuters pada pekan lalu.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement