Kasus Covid-19 di Jateng Melonjak di Atas 1.000 Akibat Libur Panjang

Image title
24 November 2020, 13:13
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, pariwisata
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/pras.
Petugas kesehatan melakukan tes cepat (rapid test) COVID-19 kepada wisatawan di kompleks Dieng Plateau Theater kawasan dataran tinggi Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jateng, Jumat (30/10/2020). Kasus Covid-19 di Jawa Tengah melonjak tajam setelah libur panjang.

Angka Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) melonjak cukup tajam. Kementerian Kesehatan mencatat tambahan kasus positif di provinsi itu pada Senin (23/11) mencapai 1.005.

Sedangkan website resmi Pemerintah Provinsi Jateng melaporkan tambahan kasus pada 23 November 2020 sebesar 1.264. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan ada peningkatan kasus yang cukup signifikan di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah dalam beberapa waktu terakhir.

Advertisement

Dia pun menilai lonjakan kasus tersebut terjadi karena libur panjang akhir Oktober 2020. Hal senada juga diungkapkan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein yang menyebut kasus Covid-19 tak terkendali setelah libur panjang.

Dia pun memutuskan menutup kembali sejumlah objek wisata milik pemerintah maupun swasta secara bertahap. Hal itu merupakan upaya menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Saya sampaikan bahwa kondisi sudah tidak terkendali. Oleh sebab itu, kita harus mengendalikannya sesuai dengan aturan yang kita punya," kata Achmad seperti dilansir dari Antara pada Senin (23/11).

Akibat kenaikkan kasus Covid-19 yang cukup signifikan usai libur panjang, Presiden Joko Widodo meminta menterinya mengeluarkan aturan pengurangan hari cuti bersama tahun baru 2021 dan libur pengganti Idul Fitri.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement