Kisah Luhut Merajut Kerja Sama Vaksin Covid-19 Pfizer dengan Bio Farma

Image title
24 November 2020, 15:56
luhut binsar pandjaitan, vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
White House
Pertemuan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan Presiden Amerika Serikat di Gedung Putih, Washington, Selasa (17/11). Luhut berhasil membujuk AS untuk kerja sama vaksin Covid-19 antara Bio Farma dengan Pfizer.

Pemerintah akhirnya menjalin kerja sama dengan Pfizer Inc dalam pengadaan vaksin virus corona. Pfizer merupakan perusahaan farmasi pertama yang mengumumkan vaksin buatannya efektif mencegah Covid-19

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Pfizer akan bekerja sama dengan BUMN Farmasi Bio Farma dalam pengadaan vaksin di Indonesia. Kerja sama itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan Luhut dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence beberapa waktu lalu.

Advertisement

Dalam pertemuan selama sekitar 15 menit tersebut, AS bersedia untuk membantu Indonesia dalam pengadaan vaksin Covid-19.

Kesepakatan itu dilanjutkan dengan pembicaraan antara Secretary of Health Amerika Serikat dengan Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional yang juga Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin  serta BPOM lewat sambungan video call pada Senin (23/11) malam.

"Mereka membuat Pfizer kerja sama dengan Bio Farma. Indonesia menjadi bagian yang baik," kata Luhut secara virtual, Selasa (24/11).

Pembahasan kerja sama itu menambah daftar kerja sama pengadaan vaksin Covid-19 oleh pemerintah Indonesia. Hingga saat ini terdapat  11 vaksin yang ada di daftar WHO dan dalam uji klinis fase 3.

Budi Gunadi mengatakan Indonesia sudah menjalin komunikasi dengan BioNtech asal Jerman, AstaZeenca asal Inggris, dan empat kandidat vaksin dari Sinofarm Bijing, Sinofarm Wuhan, Sinovac, dan cansino.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement