Khasiat Vaksin Covid-19 Sinovac Bisa Diketahui Awal Desember 2020

Image title
24 November 2020, 14:13
vaksin virus corona, Covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, internasional
ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter/AWW/dj
Seorang pria berada di laboratorium pembuat vaksin milik China Sinovac Biotech, di Beijing, China, Kamis (24/9/2020). Pemerintah Brasil memiliki cukup data untuk menganalisa khasiat vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Brazil akhirnya memiliki cukup data infeksi dari uji klinis tahap akhir vaksin virus corona Sinovac Biotech. Dengan begitu, analisa dari khasiat vaksin hasil eksperimen perusahaan Tiongkok itu dapat diketahui pada awal Desember 2020.

Direktur Butantan Biomedical Research Institute, Dimas Covas, mengatakan ada 74 relawan yang terinfeksi Covid-19 dari hasil uji klinis sekala besar di Brasil. Jumlah tersebut sudah memenuhi ketentuan 61 kasus untuk menganalisa kemanjuran vaksin Covid-19.

Advertisement

Lebih lanjut, Covas menyatakan bahwa Kementerian Kesehatan Brasil memiliki semua informasi untuk program vaksinasi nasional. Dengan begitu, Sekretaris Kesehatan Sao Paulo Jean Gorinchteyn berharap regulator di Brasil dapat mengizinkan penggunaan vaksin Sinovac pada Januari 2021.

Sedangkan Kepala Komite Penanganan Covid-19 Sao Paulo Joao Gabbardo berharap regulator kesehatan Tiongkok mengeluarkan izin vaksin Sinovac pada bulan depan. Sehingga bisa mempercepat persetujuan penggunaan vaksin tersebut di Brasil.

Sebelumnya, Bio Farma selaku mitra Sinovac di Indonesia memproyeksi data interm uji klinis fase ketiga bisa rampung pada awal Januari 2021. Data tersebut nantinya akan diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement