Pemprov Jakarta Tarik Rem Darurat Jika Kasus Covid-19 Terus Melonjak

Wakil Gubernur DKI Jakarta meminta masyarakat taat protokol kesehatan 3M untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19.
Image title
25 November 2020, 20:04
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Deka Wira S/wpa/wsj.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (kanan) di Gedung DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Senin (6/4/2020). Riza mengatakan Pemprov DKI Jakarta akan menarik rem darurat jika warga tak juga taat protokol kesehatan Covid-19.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Jakarta terus meningkat. Bahkan provinsi tersebut menjadi penyumbang terbesar kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir. 

Melihat kondisi tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau warganya tetap di rumah apabila tidak ada hal yang mendesak. Terutama warga yang berusia di bawah sembilan tahun dan di atas 60 tahun.

Selain itu, dia meminta warga untuk disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona. Jika warga Jakarta tak juga taat, pihaknya siap menarik rem darurat agar kembali ke Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

"Jangan sampai dua minggu ke depan terjadi peningkatan yang signifikan sehingga kami terpaksa menggunakan emergency break," ujar Riza dilansir dari Antara pada Rabu (25/11).

Lebih lanjut dia mengatakan pemberlakuan rem darurat bakal berdampak pada ekonomi. Hal itu akan memengaruhi banyak pegawai dan pelaku usaha.

Oleh karena itu, dia meminta warga untuk selalu patuh menjalankan protokol kesehatan. "Jadi tolong kita patuh dan taat. Kasihan saudara-saudara kita yang hidupnya di tempat kerja yang sudah patuh tapi terpaksa tidak bisa bekerja karena perilaku kita semua yang tidak disiplin," kata Riza.

Pemprov DKI Jakarta telah memperpanjang PSBB Transisi selama 14 hari, terhitung 23 November sampai 6 Desember 2020. Perpanjangan PSBB Masa Transisi ini berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1100 Tahun 2020 yang menegaskan apabila tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 secara signifikan, PSBB Transisi akan diperpanjang secara otomatis selama dua pekan.

Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait