WHO akan Kembali ke Tiongkok untuk Selidiki Asal Mula Covid-19

Image title
26 November 2020, 13:19
WHO, Tiongkok, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song/pras/cf
Foto: Aly Song. Bendera China berkibar di tempat wisata Yellow Crane Tower setelah "lockdown" diberhentikan di Wuhan, ibukota provinsi Hubei dan pusat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di China, Jumat (10/4/2020). WHO akan kembali menyelidiki kasus awal virus corona baru yang muncul di Wuhan.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO akan kembali menyelidiki ke Kota Wuhan, Tiongkok. Lembaga tersebut akan menyelidiki asal mula munculnya Covid-19 yang disinyalir berasal dari kelelawar. 

Pakar penyakit hewan WHO Peter Ben Embarek mengatakan bahwa tim ingin mewawancara ulang orang yang terinfeksi Covid-19 pada awalnya munculnya kasus tersebut. Selain itu, WHO akan mencoba menemukan kasus lain yang tidak terdeteksi pada waktu itu dan mencoba mengkaji sejarah awal munculnya kasus Covid-19.

Advertisement

Hal itu mungkin menghasilkan informasi penting tentang di mana mereka mungkin tertular virus corona baru. “Namun, tidak ada yang menunjukkan bahwa itu merupakan buatan manusia,” kata Ben Embarek dilansir dari Reuters pada Kamis (26/11).

Lebih lanjut, dia mengatakan WHO tidak benar-benar tahu apa yang terjadi sebelum Desember 2019. Selain itu, tidak ada informasi bahwa virus itu dapat menular dari kelelawar ke manusia.

"Sedikit sejarah itulah yang perlu kita rekonstruksi. Belum terlambat untuk melakukan penyelidikan, "kata Ben Embarek.

Pakar WHO Mike Ryan menyatakan bahwa Tiongkok akan segera mungkin mengatur kunjungan lapangan internasional untuk menyelidiki asal-usul virus corona baru. Selain itu, peneliti Tiongkok tengah melaksanakan studi epidemiologi pada kasus dan kondisi awal di pasar Wuhan, dan tim internasional yang terdiri dari 10 ahli akan melaksanakan studi fase 2.

Investigasi akan melihat segala sesuatu yang masuk dan keluar dari pasar itu pada waktu itu dan mencoba mencari tahu dari mana hewan dan produk makanan itu berasal. Mereka juga akan mencari kesamaan di antara para pekerja pasar yang sakit parah pada Desember 2019, dan kemungkinan mereka terinfeksi di pedesaan atau lingkungan pertanian di Tiongkok selatan atau bahkan mungkin di luar negara itu.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement