Satgas Sebut Persiapan Distribusi Cold Chain Vaksin Covid-19 Capai 97%

Image title
26 November 2020, 18:02
Satgas Covid-19, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.
Tim medis menyuntikkan vaksin kepada sejumlah warga dalam simulasi uji coba vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Abiansemal I, Badung, Bali, Selasa (6/10/2020). Simulasi uji coba vaksinasi COVID-19 yang diikuti puluhan warga tersebut untuk mengukur kesiapan dan kesigapan para tim medis di puskesmas itu yang rencananya dikunjungi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada awal tahun depan.

Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan kesiapan rantai dingin atau cold chain untuk distribusi vaksin virus corona mencapai 97%. Dengan begitu, vaksin dapat disalurkan ke berbagai daerah.

Adapun cold chain terdiri atas lemari es dan freezer sebagai ruang penyimpanan dan termos untuk membawa vaksin ke tempat pelayanan imunisasi. Terutama untuk kegiatan di luar gedung/lapangan.

Advertisement

"Secara logistik, kesiapan prosedur untuk menjaga suhu vaksin atau cold chain agar kualitasnya terjaga, sudah berjalan dengan baik," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof.Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual pada Kamis (26/11).

Sedangkan untuk sumber daya manusia untuk program vaksinasi akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah. Jumlah SDM akan menyesuaikan dengan peserta vaksinasi dan kebutuhan saran dan prasaran. 

Di sisi lain, pemerintah masih memfinalisasi daerah prioritas yang akan memperoleh vaksin. "Dengan mempertimbangkan jumlah kasus positif, jumlah penduduk, luas daerah, dan faktor lainnya," ujar Wiku.



Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, ada  78,8% puskesmas yang memiliki lemari es penyimpan vaksin sesuai standar pada 2016. Jumlahnya meningkat dengan adanya tambahan lemari es pada 2017 sebanyak 1.861 unit.

Pada akhir 2018, Kementerian Kesehatan memastikan ketersediaan rantai dingin di seluruh puskesmas dapat terpenuhi untuk mendukung pelaksanaan program imunisasi. Totalnya mencapai 9.951 puskesmas yang memiliki "cold chain" sesuai standar.

Penyimpanan vaksin membutuhkan suatu perhatian khusus karena vaksin merupakan sediaan biologis yang rentan terhadap perubahan temperatur. Secara umum, vaksin akan rusak jika terpapar oleh sinar Matahari secara langsung.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement