Ruang Isolasi Hampir Penuh, Kota Bandung dalam Situasi Darurat Corona

Image title
26 November 2020, 20:21
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww.
Warga mengenakan masker saat bersepeda di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020). Keterisian ruang isolasi rumah sakit untuk pasien Covid-19 di Kota Bandung mencapai 90%.

Pemerintah Kota Bandung mulai kewalahan menangani lonjakan kasus Covid-19. Peningkatan jumlah orang yang terinfeksi berdampak pada ruang isolasi yang hampir penuh.

Dengan kondisi tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menyebut wilayahnya berada pada situasi darurat."Kota Bandung sudah harus konsentrasi, upaya penanganan harus maksimal lagi," kata Ema di Bandung seperti dilansir dari Antara pada Kamis (29/11).

Advertisement

Pasalnya, peningkatan kasus virus corona per harinya cukup signifikan, mulai dari 50 orang hingga 90 orang. Secara kumulatif, kasus Covid-19 sudah mencapai 3.039 orang.

Sedangkan tempat tidur isolasi Covid-19 telah terisi lebih dari 90%."Kasus aktif sudah di angka 484, ada yang bergejala dan tidak bergejala. Kami sudah khawatir," kata Ema.

Untuk itu, ia meminta seluruh jajarannya agar mengevaluasi relaksasi yang telah diberikan terhadap sejumlah sektor. Meskipun belum ada klaster baru di lokasi yang mendapat pelonggaran.

Beberapa usulannya terkait pengurangan jam operasional atau pencabutan izin kegiatan. Selain itu, ia juga terus meminta masyarakat agar memahami dan menerapkan protokol kesehatan.

Terutama di lingkungan keluarga atau perumahan."Di rumah pun kalau perlu bermasker dan jaga jarak. Begitu datang dari luar, segera mandi dulu dan jangan langsung bersentuhan dengan keluarga, ganti baju dulu," ujar Ema.

Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement