Tingkat Penularan Tinggi, Kasus Covid-19 RI Bertambah 4.617

Image title
30 November 2020, 17:04
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Tenaga medis melakukan tes cepat (rapid test) COVID-19 terhadap warga di Gelanggang Olahraga Tebet, Jakarta, Senin (23/11/2020). Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia pada Senin (30/11) bertambah 4.617.

Kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Kementerian Kesehatan mencatat total orang terinfeksi virus corona di Tanah Air pada Senin (30/11) mencapai 538.883.

Dari jumlah tersebut, terdapat tambahan kasus baru Covid-19 per hari ini sebesar 4.617. Angka tersebut lebih kecil dari kasus baru pada Minggu (19/11) sebanyak 6.267 dan Sabtu (28/11) sebesar 5.418.

Advertisement

Mayoritas penambahan kasus pada 30 November 2020 berasal dari tiga provinsi, yaitu Jakarta (1.099), Jawa Tengah (899), dan Jawa Barat (741). Totalnya kontribusi dari tiga provinsi itu hampir mencapai 60%.

Meskipun angka penambahan kasus baru lebih kecil dari dua hari sebelumnya, namun angka positif Covid-19 di Indonesia masih cukup tinggi. Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng M. Faqih, mengatakan virus corona saat ini terus bermutasi. Mutasi tersebut tak terkait dengan keganasan virus, namun dapat mempercepat penularannya.

Jika virus corona bisa menular dengan cepat, penambahan kasus pun bakal terus meningkat. Oleh karena itu, Daeng meminta masyarakat untuk disiplin memutus mata rantai penularan virus corona.

Caranya dengan disiplin 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Jika 3M dilaksanakan bersama-sama, penambahan kasus baru Covid-19 dapat ditekan.

Namun, jika kasus terus tinggi, beban rumah sakit dan petugas kesehatan akan semakin berat. Oeh karena itu, dia meminta komitmen masyarakat menerapkan protokol kesehatan. 

Dia juga meminta tokoh masyarakat untuk memberikan contoh yang baik dalam menjalankan 3M. Jika masyarakat lengah dan tokoh masyarakat tidak bisa memberikan contoh yang baik, kasus Covid-19 akan semakin tinggi.

"Kita kan inginnya ini melandai, tapi kalau 3M tidak menjadi komitmen bersama, kasusnya bukan melandai malah terus meningkat," ujar Daeng dalam konferensi pers virtual pada Senin (30/11).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement