Pasien Covid-19 Meningkat, RSD Wisma Atlet Tambah 1 Gedung Perawatan

Image title
30 November 2020, 19:11
Petugas tenaga kesehatan beraktivitas di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Minggu (15/11/2020). Ketua Satgas Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan selama dua minggu terakhir angka kasus k
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Petugas tenaga kesehatan beraktivitas di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Minggu (15/11/2020). Ketua Satgas Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan selama dua minggu terakhir angka kasus konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia mengalami peningkatan yang berdampak pada keterisian ruang isolasi yang semula 32 persen saat ini naik menjadi 53 persen.

Jumlah pasien Covid-19 di DKI Jakarta meningkat tajam dalam sepekan terakhir. Total kasus aktif atau orang yang dirawat di ibu kota hingga 29 November 2020 mencapai 9.947. 

Kepala Sekretaria Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, dr. RM Tjahja Nurrobo Sp.Ot (K) mengatakan peningkatan kasus di Jakarta dalam seminggu terakhir menyebabkan tower 4 dialihfungsikan menjadi ruang parawatan. Sebelumnya, gedung itu digunakan untuk isolasi mandiri pasien tanpa gejala. 

Advertisement

"Sejak tiga hari lalu kami menyediakan tiga tower, yaitu 4, 6, dan 7. Sedangkan tower 5 tetap digunakan untuk isolasi mandiri," ujar Nurrobi dalam konferensi pers virtual pada Senin (30/11).

Lebih lanjut, Nurrobi mengatakan keterisian ruang isolasi mandiri telah mencapai 80%. Sedangkan ruang perawatan di tiga tower berkisar 50%.  Adapun total pasien Covid-19 yang dirawat di sana mencapai 3.500 orang.

Meski begitu, dia menjelaskan yang patut dicermati bukan jumlah pasien. Namun, percepatan pengisian ruang perawatan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement