Positif Covid-19 Tambah 5.092 Kasus, Mayoritas di Jakarta dan Jabar

Image title
1 Desember 2020, 17:53
satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Tenaga medis melakukan tes cepat (rapid test) COVID-19 terhadap warga di Gelanggang Olahraga Tebet, Jakarta, Senin (23/11/2020). Jumlah positif Covid-19 di Indonesia bertambah 5.092 pada Selasa (1/12).

Kementerian Kesehatan menyebut penambahan kasus baru Covid-19 per Selasa (1/12) mencapai 5.092 orang. Jadi, jumlah orang terinfeksi virus corona mencapai 543.975 kasus.

Penambahan kasus baru terbanyak berasal dari DKI Jakarta dan Jawa Barat. Masing-masing provinsi itu mencatat tambahan Covid-19 sebesar 1.058 dan 878. Disusul oleh Jawa Timur (430) dan Kalimantan Tengah (190).

Advertisement

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, angka kematian Indonesia masih lebih besar dari dunia. Persentase kematian di Tanah Air mencapai 3,1%, sedangkan rata-rata dunia sebesar 2,32% .

Wiku pun mengingatkan kepala daerah untuk selalu memantau penegakkan disiplin protokol kesehatan. Jika perlu memebrikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar.

"Berikan sanksi tanpa sesuai aturan dan tanpa pandang bulu," ujar Wiku dalam konferensi pers pada Selasa (1/12).

Selain itu, dia meminta kepala daerah memaksimalkan peran Satgas Covid-19 dalam pengawasan protokol kesehatan. Pasalnya, protokol kesehatan merupakan salah satu aspek paling krusial dan penting dari usaha penanganan Covid-19.

Dia juga mengingatkan bahwa pandemi corona belum berakhri. Virus tersebut juga bisa menyerang siapa saja termasuk pemimpin dan pejabat publik.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement