Luhut Minta Pasien Covid-19 di Jateng Isolasi di Fasilitas Pemerintah

Image title
1 Desember 2020, 20:31
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Menteri Koordinator Luhut Binsar Pandjaitan pada Selasa (1/12) meminta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan fasilitas isolasi untuk pasien Covid-19. Sehingga pasien yang sudah terinfeksi tidak menularkan virus kepada orang lain.

Pemerintah mencatat angka terkonfirmasi posiitf  Covid-19 di Jawa Tengah terus meningkat. Hal itu terjadi dalam dua pekan setelah libur panjang pada 28 Oktober-4 November 2020.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan angka positif di Semarang, Kudus, Surakarta, Pati, dan Kudus naik dalam tujuh hari terakhir. Bahkan Kota Semarang memiliki kasus tertinggi di Jawa Tengah dengan 12.019 kasus dan tingkat kematian 751 orang.

Advertisement

Dia pun meminta agar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meningkatkan pemanfaatan fasilitas isolasi terpusat untuk pasien tanpa gejala dan bergejala ringan. Dengan begitu, kondisi pasien dapat dipantau secara optimal.

“Seperti di wisma atlet, pasien bergejala awal dan ringan cepat ditangani dan diisolasi sehingga mencegah kondisi gawat yang menyebabkan kematian,” ujar Luhut dalam keterangan tertulis pada Selasa (1/12).

Dia khawatir bila pasien yang sudah terkonfimasi positif tidak segera diisolasi akan menularkan kepada orang terdekat. Hal itu pun dapat menimbulkan klaster keluarga.

“Tolong Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah) dan walikota yang kasusnya tinggi segera perbanyak fasilitas isolasi mandiri terpusat berkoordinasi dengan BNPB, nanti dananya dibantu mereka,”katanya.

Selain itu, dia juga meminta agar Pangdam Diponegoro dan Kapolda Jawa Tengah membantu Gubernur Jawa Tengah untuk sosialisasi terus menerus kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan. Menurutnya, kampanye itu penting agar masyarakat tidak menunda mencari pengobatan sekalipun hanya bergejala ringan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement