Kasus Covid-19 di Jatim Masih Tinggi, Satgas Minta Pemda Tingkatkan 3T

Image title
2 Desember 2020, 12:12
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/wsj.
Petugas mendata warga pelanggar protokol kesehatan COVID-19 sebelum disidangkan di Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (12/11/2020). Satgas menyebut kasus Covid-19 di Jawa TImur terus melonjak dalam dua pekan terakhir.

Satgas Penanganan Covid-19 menyebut kasus positif virus corona dalam sepekan terakhir meningkat 19,8%. Peningkatan kasus tertinggi terjadi di lima provinsi, yaitu Jawa Tengah, Banten, Jawa Timur, Lampung, dan Kepulauan Riau.

Jawa Tengah mencatat kenaikkan jumlah orang positif sebesar 3.680 menjadi 7.617 dalam satu pekan. Banten meningkat sebanyak 519 menjadi 1.164, Jawa Timur menambah kasus baru 412 menjadi 2.804, Lampung naik 307 menjadi 651, dan Kepulauan Riau melonjak 298 menjadi 503. 

Advertisement

Dari lima provinsi tersebut, pemerintah menyoroti peningkatan kasus di Jawa Timur. Pasalnya, daerah tersebut selalu masuk jajaran lima besar kasus tertinggi dalam dua pekan terakhir.

Sedangkan Jawa Tengah baru masuk jajaran provinsi dengan kenaikkan angka positif tertinggi pada pekan ini. Pada pekan lalu, Jawa Tengah sempat keluar dari rangking lima besar penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Tanah Air.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengimbau agar provinsi yang berada di lima besar kasus tertinggi dapat memutus penularan virus corona. Terutama untuk provinsi yang bertahan dalam rangking lima besar selama berminggu-minggu.

"Kami berharap Jawa Timur dapat keluar dari jajaran kasus tertinggi, begitu pun daerah-daerah lain agar menekan kasus aktif dalam minggu-minggu ke depan," kata Wiku dalam konferensi pers virtual pada Selasa (1/12)

Untuk menekan kasus Covid-19, pemerintah daerah harus menegakkan protokol kesehatan di masyarakat. Selain itu,  dia meminta kepala daerah melaksanakan tracing, testing, dan treatment (3T) yang lebih masif.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement