CDC Memperpendek Masa Karantina Pasien Covid-19 Hanya 7 Hari

Image title
3 Desember 2020, 10:48
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, internasional
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pasien COVID-19 berjemur di Rumah Singgah Karantina COVID-19, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). CDC merekomendasikan masa karantina hanya tujuh hari jika sudah ada hasil negatif Covid-19

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC Amerika Serikat (AS) menyatakan periode karantina bisa diperpendek hingga tujuh hari jika hasil tes negatif Covid-19. Jika tidak melakukan tes, masa karantina bisa berlangsung selama 10 hari bagi pasien yang tak menunjukkan gejala. 

Meski begitu, CDC tetap merekomendasikan periode karantina 14 hari bagi mereka yang terpapar Covid-19 sebagai cara terbaik untuk mengurangi penyebarannya. Pasien juga tetap harus memperhatikan gejala selama 14 hari.

Advertisement

Adapun alasan CDC mengurangi masa karantina dapat mengurangi kesulitan ekonomi karena tidak bisa bekerja saat karantina. Hal itu juga diharapkan dapat mendorong masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan.

Seorang pejabat tinggi kesehatan AS pada pekan lalu mengatakan orang-orang mungkin mematuhi periode karantina yang lebih pendek. Meskipun itu berarti beberapa infeksi mungkin terlewat.

“Saya pikir ini merupakan langkah yang tepat berdasarkan data epidemiologi, dan mengingat kesulitan yang dihadapi orang-orang selama karantina 14 hari,” kata Amesh Adalja yang merupakan lulusan dari Johns Hopkins Center for Health Security dilansir dari Reuters pada Kamis (3/12).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement