UI Mulai Kembangkan Vaksin Covid-19 dengan Teknologi DNA dan mNRA

Image title
3 Desember 2020, 20:28
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA
Ilustrasi, vaksin virus corona. Universitas Indonesia mengembangkan vaksin virus corona dengan teknologi DNA dan mRNA.

Pemerintah mendorong pengembangan vaksin virus corona di dalam negeri. Salah satunya Universitas Indonesia (UI) yang mengembangkan vaksin dengan teknologi DNA dan messenger RNA (mRNA).

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro berharap vaksin Covid-19 di Tanah Air bisa segera terealisasi dengan teknologi tersebut. "Mudah-mudahan kombinasi itu bisa mempercepat tersedianya vaksin merah putih dalam penanganan Covid-19," ujar Bambang dilansir dari Antara pada Kamis (3/12).

Advertisement

Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi Ali Ghufron mengatakan progres pengembangan vaksin UI baru mencapai tahap uji coba di hewan. Meski begitu, pengembangan vaksin telah direspon oleh pelaku industri.

"Meskipun belum keseluruhan tapi sudah jalan dan responnya itu sangat positif dan sudah memulai pembicaraan dengan industri," ujar Ali.

 

Di sisi lain, pengembangan vaksin Merah Putih yang dikembangkan Eijkman berjalan sesuai jadwal. Adapun pengembangan vaksin tersebut menggunakan platform sub-unit protein rekombinan.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement