Satgas Covid-19: Hanya 9% Kabupaten / Kota yang Patuh Pakai Masker

Image title
4 Desember 2020, 11:41
gerakan 3M, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, satgas covid-19
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/hp.
Anggota polisi lalu lintas memberikan imbauan mengenai protokol kesehatan kepada pengendara motor pada Operasi Zebra di Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (26/10/2020). Satgas Covid-19 menyebut kepatuhan masyarakat menjalankan protokol 3M terus menurun.

Satgas Penanganan Covid-19 prihatin melihat kepatuhan masyarakat dalam menjalankan 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Pasalnya, semakin sedikit masyarakat yang menjalankan protokol kesehatan.

Data tingkat kedisiplinan protokol kesehatan sejak 18 November 2020 menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan individu dalam memakai masker, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan semakin anjlok. Hal itu terjadi sejak 28 Oktober 2020 hingga 27 November 2020.

Advertisement

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito pun menyimpulkan bahwa liburan panjang merupakan momentum pemicu utama penurunan kepatuhan disiplin protokol kesehatan. Adapun persentase kepatuhan untuk memakai masker saat periode itu hanya 58,32%, dan menjaga jarak sebesar 43,46%. 

Selanjutnya, data Satgas Covid-19 menunjukkan hanya 9% dari 512 kabupaten/kota di Indonesia yang patuh dalam memakai masker. Lebih memprihatinkan lagi yaitu tingkat kepatuhan menjaga jarak kurang dari 4% di seluruh kabupaten/kota. 

Wiku mengatakan jika masyarakat semakin lengah dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti yang ditunjukkan dalam tiga periode libur panjang, penularan virus corona akan terus meningkat. Apabila pemerintah terus menggencarkan upaya tes dan pelacakan, kasus positif pun bakal terus melonjak.

"Jika seperti itu, sebanyak apapun fasilitas kesehatan yang tersedia tidak akan mampu menampung lonjakan yang terjadi," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual pada Kamis (3/12).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement