WHO Targetkan 500 Juta Vaksin Corona Tersedia Tiga Bulan Pertama 2021

Image title
5 Desember 2020, 14:00
WHO, vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, internasional
ANTARA
Ilustrasi, vaksin virus corona. WHO berharap 500 juta dosis vaksin tersedia pada kuartal I 2021.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO berharap setengah miliar vaksin virus corona tersedia pada kuartal pertama 2021. Dengan begitu, program inisiasi WHO dapat berjalan mulus untuk mendistribusikan vaksin secara merata ke 189 negara.

WHO berencana memberikan vaksin tersebut kepada petugas kesehatan dan orang berusia di atas 65. Selanjutnya, WHO bakal mendistribusikan setidaknya 2 miliar dosis vaksin pada akhir 2021.

Advertisement

Dengan dosis sebanyak itu, WHO yakin vaksinasi dapat mengurangi risiko kematian dan dampak pandemi pada sistem kesehatan. “Jumlah tersebut cukup untuk memvaksinasi 20% populasi negara yang menjadi bagian dari COVAX," kata Kepala Ilmuwan WHO Soumya Swaminathan dalam konferensi pers di Jenewa seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (5/12). 

Adapun COVAX merupakan program inisiasi WHO untuk memastikan distribusi vaksin merata ke seluruh dunia. Sejauh ini, sudah ada 189 negara yang mengikuti program tersebut.

Namun, Amerika Serikat tidak termasuk di dalamnya  karena negara itu memilih kesepakatan bilateral dalam mendapatakan vaksin Covid-19. COVAX saat ini dipimpin bersama oleh aliansi vaksin GAVI, WHO, dan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI).

 

Di sisi lain, Swaninathan mengatakan program vaksinasi di berbagai negara tidak akan berjalan bersamaan. Meski begitu, dia memproyeksi mayoritas negara akan memulai program vaksinasi pada kuartal kedua tahun depan.

Sejauh ini , Inggris paling siap melaksanakan vaksinasi Covid-19. Negara tersebut telah memberikan lampu hijau penggunaan vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech yang diklaim efektif mencegah Covid-19 hingga 95%.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement