IDI Sebut 342 Dokter dan Perawat Wafat akibat Covid-19

Image title
5 Desember 2020, 15:51
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Ampels/foc.
Sejumlah dokter bersama tenaga medis lainnya berdoa setelah melaksanakan shalat jenazah dokter spesialis paru positif COVID-19 saat pelepasan terakhir menggunakan mobil ambulan ke pemakaman di Rumah Sakit Umum Zainainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Selasa (29/9/2020). IDI menyebut 342 dokter dan perawat meninggal akibat Covid-19.

Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengumumkan sebanyak 342 tenaga medis wafat akibat Covid 19. Jumlah tersebut terdiri dari 192 dokter, 14 dokter gigi, dan 136 perawat.

Para dokter yang wafat tersebut terdiri dari 101 dokter umum (4 guru besar), dan 89 dokter spesialis (7 guru besar), serta dua residen yang keseluruhannya berasal dari 24 wilayah dan 85 kabupaten/kota.

Advertisement

Divisi Advokasi dan Hubungan Eksternal Tim Mitigasi PB IDI, Eka Mulyana, mengatakan Covid-19 bukanlah hoaks atau hasil konspirasi. Pasalnya, virus tersebut telah menyebabkan banyak orang meninggal dunia dalam waktu cepat.

"Kami berharap apabila Anda termasuk orang yang tidak mempercayai adanya Covid ini,  janganlah mengorbankan keselamatan orang lain dengan ketidakpercayaan tersebut," ujar Eka dalam siaran pers pada Sabtu (5/12).

Tingginya lonjakan pasien Covid-19 serta angka kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan menjadi peringatan agar tetap waspada dan mematuhi 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Jika terus mengabaikan protokol kesehatan, tidak hanya akan mengorbankan keselamatan diri sendiri, juga keluarga dan orang terdekat.

Oleh karena itu, Eka meminta seluruh elemen masyarakat mematuhi protokol kesehatan. "Kami dari tim mitigasi PB IDI secara khusus juga mengingatkan kepada para teman sejawat tenaga medis dan tenaga kesehatan untuk waspada dan tetap menjalankan SOP dalam pedoman standar perlindungan dokter di saat pelayanan dan saat berada di keluarga dan komunitas," ujar dia.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement