Terawan Tetapkan 6 Jenis Vaksin Covid-19 yang Akan Digunakan di RI

Image title
5 Desember 2020, 21:17
vaksin virus corona, terawan, kementerian kesehatan, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
Antara
vaksin virus corona buatan Pfizer. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menetapkan enam jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia, salah satunya berasal dari Pfizer.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akhirnya menentukan jenis vaksin virus corona yang akan digunakan di Indonesia. Vaksin tersebut mayoritas berasal dari Tiongkok dan Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.01.07/MENKES/9860/2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, ada enam jenis vaksin yang akan digunakan di Indonesia.

Advertisement

Pertama, vaksin produksi PT Bio Farma (Persero). Kedua, vaksin produksi AstraZeneca. Ketiga, vaksin China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm). Keempat, Moderna. Kelima, Pfizer Inc. dan BioNTech. Keenam, Sinovac Biotech. 

"Menteri dapat melakukan perubahan jenis vaksin Covid-19 sebagaimana dimaksud berdasarkan rekomendasi Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) dan memperhatikan pertimbangan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional," ujar Terawan dalam Kepmen yang ditandatangani pada 3 Desember 2020 tersebut.

Mayoritas jenis vaksin itu masih dalam dalam tahap pelaksanaan uji klinik tahap ketiga. Oleh karena itu, Terawan menetapkan penggunaan vaksin Covid-19 hanya dapat dilakukan setelah mendapat Izin Edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat (emergency use authorization) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Adapun pengadaan vaksin akan dibagi ke dalam dua skema. Skema pertama untuk kebutuhan pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan oleh Menteri Kesehatan.

Sedangkan untuk kebutuhan vaksinasi mandiri akan dilaksanakan oleh Menteri BUMN. Keputusan tersebut berlaku mulai pada tanggal ditetapkan yaitu 3 Desember 2020

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement