Pemerintah Tunggu Tercapainya Dua Kriteria Ideal Vaksin Covid-19

Image title
11 Desember 2020, 11:34
vaksin virus corona, pandemi corona, pandemi, covid-19, virus corona, jakarta, gerakan 3M, satgas Covid-19
AstraZeneca
Ilustrasi, vaksin virus corona. Satgas Penanganan Covid-19 memiliki dua kriteria idela dalam penggunaan vaksin yaitu efikasi dan efektivitas.

Pemerintah menetapkan dua kriteria ideal vaksin virus corona. Jika kedua kriteria itu terpenuhi, pemerintah siap mendistribusikan vaksin ke masyarakat. 

Adapun dua kriteria itu terdiri dari efikasi dan efektivitas. "Kedua aspek itu memiliki peran untuk mengukur manfaat vaksin virus corona," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual pada Kamis (10/12).

Dia mengatakan efikasi merupakan ukuran kemampuan vaksin mencegah penyakit dan menekan penularan pada individu pada kondisi ideal yang terkontrol. Hal itu bisa dilihat pada uji vaksin di laboratorium dengan populasi terbatas. 

Sedangkan efektivitas merupakan penilaian kemampuan vaksin dalam masyarakat secara luas dan heterogen. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi efektivitas vaksin. 

Pertama, faktor penerima vaksin seperti usia, komobid, riwayat terinfeksi sebelumnya, dan jangka waktu semenjak pelaksanaan vaksinasi.

Kedua, karakteristik vaksin, jenis vaksin seperti aktif atau non aktif, serta cara penyuntikan vaksin. Ketiga, kecocokan vaksin yang dapat dilihat dari strain vaksin dengan virus yang beredar di masyarakat. 

Sedangkan untuk mengetahui efektivitas vaksin, pemerintah harus memiliki data pengawasan terkait perkembangan kasus dan memantau dampaknya.

Pemerintah juga harus memiliki data cakupan imunisasi, dan data klinis individu pendukung untuk melihat aspek lain yang memengaruhi kondisi kesehatan individu.

Selain kedua kriteria itu, pemerintah juga mempertimbangkan efisiensi vaksin. Hal itu dihitung berdasarkan pembandingan jumah pembelanjaan vaksin dengan biaya kesehatan untuk menangani orang sakit akibat penyakit tersebut.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...