Cara Cegah Covid-19 saat Belajar Tatap Muka Tahun Depan

Image title
11 Desember 2020, 15:01
pendidikan, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, satgas covid-19
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.
Sejumlah murid mengikuti pembelajaran tatap muka di SMPN 2 Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (17/11/2020). Pihak sekolah harus mempersiapkan fasilitas dan protokol kesehatan yang maksimal untuk cegah Covid-19 saat pembelajaran tatap muka.

Pemerintah telah mengizinkan sekolah melaksanakan pembelajaran tatap muka mulai Januari 2021. Padahal kasus Covid-19 di Tanah Air masih cukup tinggi.

Dengan kondisi tersebut, Praktisi Pendidikan Prof Arief Rachman meminta pihak sekolah mempersiapkan protokol kesehatan secara maksimal. Salah satu caranya dengan membuat metode pembelajaran yang memperhatikan protokol kesehatan.

Selain itu, pihak sekolah juga harus menyediakan sarana cuci tangan, menyemprotkan disinfektan di ruang kelas, guru, kantin dan toilet secara berkala, menyediakan saluran udara yang sehat, mengatur jarak tempat duduk siswa, serta mewajibkan penggunaan masker

“Sekolah juga harus menyediakan ruang transit bagi siswa maupun guru. Jika ditemukan gejala Covid, mereka bisa diam di ruangan itu untuk mencegah penularan Covid-19,” ujar Arief dalam Katadata forum virtual, Jumat (11/12).

Lebih lanjut, dia mengusulkan agar tenaga pengajar membagi kegiatan belajar tatap muka dalam dua sesi jika infrastruktur sekolah kurang memadai. Hal itu dianggap efektif mengendalikan penyebaran virus corona di sekolah

“Jangan sampai sekolah dibuka tanpa persiapan. Karena itu saya betul-betul mengusulkan sekolah dibikin dua sesi dan selalu ingat pesan ibu,” kata dia.

Selanjutnya, dia menyarankan agar pihak sekolah menyediakan fasilitas tes Covid-19. Dia juga berharap sekolah memiliki data terkait transportasi yang digunakan siswa, guru, hingga tenaga kebersihan dan keamanan sekolah. 

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...