Kasus Covid-19 RI Tambah 6.310 Orang, Rekor Kematian Harian Terbanyak

Image title
11 Desember 2020, 17:26
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Petugas pemakaman memasukan jenazah ke dalam lubang di lokasi pemakaman COVID-19 TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Jumat (2/10/2020). Kasus kematian bertambah 175 pada Jumat (11/12).

Penularan virus corona semakin hari semakin masif. Jumlah orang yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia terus bertambah.

Pada Jumat (11/12), jumlah orang terkonfirmasi virus corona bertambah 6.310 orang. Dengan begitu, total kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 605.243 orang.

Dua provinsi mencatat penambahan kasus di atas 1.000 dan menjadi penyumbang angka Covid-19 terbanyak, yaitu DKI Jakarta dengan 1.232 dan Jawa Barat dengan 1.029. Disusul oleh Jawa Tengah (998) dan Jawa Timur (748).

Satgas Penanganan Covid-19 telah mengingatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk tidak lengah meskipun kasus baru sempat turun pada pekan lalu. Pasalnya, jumlah kasus aktif dan kematian di ibu kota masih cukup tinggi.

Begitu juga dengan Jawa Barat yang mencatatkan kasus mingguan tertinggi di Indonesia pada pekan lalu. "Tingginya kenaikkan kasus disebabkan terjadinya penularan di masyarakat karena ketidakdisiplinan mematuhi protokol kesehatan," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual pada Kamis (10/12).


Oleh karena itu, dia meminta pemerintah daerah yang mencatatkan peningkatan kasus mingguan untuk mengevaluasi protokol kesehatan secara menyeluruh. Dia berharap pemerintah daerah dapat memetakan permasalahan utama yang menyebabkan masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...