Pemerintah Dituntut Gratiskan Vaksin Covid-19 untuk Semua Masyarakat

Image title
11 Desember 2020, 20:14
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, kesehatan
ANTARA FOTO/HO/Setpres-Muchlis Jr/wpa/hp.
Petugas memindahkan vaksin COVID-19 setibanya di Kantor Pusat Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Senin (7/12/2020). Pemerintah hanya menyediakan 32 juta vaksin virus corona gratis.

Pemerintah menargetkan 170 juta penduduk Indonesia menerima vaksin virus corona. Vaksin tersebut bakal dibagikan dalam dua skema yaitu, skema subsidi dan skema mandiri. 

Sebanyak 75 juta penduduk atau 70% dari target vaksinasi bakal masuk kelompok mandiri. Sedangkan 30% atau 32 juta penduduk masuk program kelompok subsidi alias gratis.

Advertisement

Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, mengatakan pemerintah seharusnya memberikan vaksin virus corona secara gratis kepada seluruh masyarakat. Pasalnya, setiap warga negara berhak mendapatkan vaksin tersebut dalam situasi pandemi. 

"Itu merupakan bentuk pelayanan dan pemenuhan kebutuhan dasar yang seharusnya dilakukan pemerintah kepada masyarakat," ujar Dicky kepada Katadata.co.id pada Kamis (10/12).

Di sisi lain, pembagian skema mandiri dan gratis itu bisa memengaruhi keberhasilan program vaksinasi Covid-19. Padahal pemerintah ingin mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Jika pemerintah ingin mempertahankan skema vaksin gratis dan mandiri, lanjut Dicky, pemerintah harus bisa mendorong masyarakat secara sukarela membeli vaksin Covid-19. Agar hal itu tercapai, pemerintah harus menerapkan strategi komunikasi risiko dengan benar. Sehingga masyarakat memahami risiko penggunaan vaksin.

Pasalnya, penggunaan vaksin Covid-19 tetap berisiko kematian. Seperti uji coba vaksin Pfizer yang telah menelan enam korban jiwa di mana dua dari kelompok yang mendapatkan suntikan vaksin dan empat dari suntikan plasebo.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement