Pasokan Jadi Alasan Utama RI Memilih Vaksin Covid-19 dari Sinovac

Image title
15 Desember 2020, 13:07
vaksin virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, tiongkok, sinovac
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Petugas mengecek kontainer berisi vaksin COVID-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (6/12/2020). Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 buatan perusahaan farmasi Sinovac, China, tiba di tanah air untuk selanjutnya akan diproses lebih lanjut ke Bio Farma selaku BUMN produsen vaksin.

Pemerintah telah mendatangkan 1,2 juta vaksin virus corona dari Sinovac. Namun, langkah pemerintah itu dinilai terburu-buru karena vaksin dari Tiongkok tersebut belum terbukti efektif mencegah Covid-19. 

Meski begitu, Juru Bicara Pemerintah untuk vaksin Covid-19 dr.Siti Nadia Tarmidzi mengatakan pemerintah ingin mengamankan pasokan vaksin terlebih dahulu. Meskipun, vaksin tersebut belum teruji kemanjurannya.

Advertisement

Pasalnya, pasokan vaksin masih sangat terbatas. Sedangkan kebutuhan global cukup tinggi.

Di sisi lain, Sinovac menyanggupi untuk menyuplai vaksin ke Tanah Air pada awal Desember 2020. "Kita tidak mau ketika butuh vaksin, barangnya justru tidak ada. Karena akan terjadi high demand  sedangkan suplainya terbatas," ujar Siti ke Katadata.co.id pada Senin (14/12).

Lebih lanjut Siti mengatakan bahwa proses pembelian produk vaksin dari Sinovac tidaklah mudah. Pemerintah Indonesia yang telah memesan 3 juta dosis pun hanya mendapatkan 1,2 juta dosis. Sedangkan 1,8 juta sisanya belum dapat dipastikan kapan tiba di Indonesia.

Terkait dengan efektivitas vaksin, Siti mengakui bahwa belum ada hasil uji klinis yang bisa memastikan kemanjuran vaksin Sinovac. Meski begitu, dia mengatakan produk Sinovac sudah cukup layak untuk digunakan. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement