Luhut: Pemerintah akan Perketat Aktivitas Masyarakat saat Libur Nataru

Image title
15 Desember 2020, 18:13
luhut binsar pandjaitan, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wsj.
Warga menghias pohon cemara menjadi pohon Natal di Pudaksari, Karang Duwet, Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (15/12/2020). Pemerintah melarang perayaan Natal dan Tahun Baru di tempat umum sebagai upaya menekan kasus Covid-19.

Pemerintah akan memberlakukan kebijakan pengetatan aktivitas masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru. Hal itu untuk mencegah kenaikkan kasus Covid-19 setelah libur panjang. 

Adapun usulan intervensi yang akan dilaksanakan pemerintah yaitu work from home (WFH) 75%, pelarangan perayaan tahun baru di seluruh provinsi, dan pembatasan jam operasional mal, restoran, serta tempat hiburan hingga pukul 19.00 untuk Jabodetabek dan 20.00 untuk zona merah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Advertisement

Pengetatan protokol kesehatan juga dilaksanakan di rest area dan tempat-tempat wisata. Selain itu, penumpang kereta api jarak jauh dan pesawat wajib melaksanakan rapid test antigen maksimal H-2.

Khusus untuk kunjungan ke Bali dengan menggunakan pesawat harus melaksanakan tes usap PCR pada H-2 keberangkatan. "Kami bukan menerapkan PSBB, tapi akan menerapkan kebijakan pengetatan yang terukur dan terkendali, supaya penambahan kasus dan kematian bisa terkendali dengan dampak ekonomi yang relatif minimal," ujar Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan dalam siaran pers pada Selasa (15/12).

Kementerian Kesehatan mencatat tambahan kasus Covid-19 pada Selasa (15/12) mencapai 6.120. Dengan tambahan tersebut, total orang terinfeksi virus corona di Indonesia menjadi 629.429.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement