BPPT Luncurkan Mobile Lab BSL-2 untuk TIngkatkan Tes Covid-19

Image title
16 Desember 2020, 21:12
satgas covid-19, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA
Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo (kiri) meluncurkan kendaraan Mobile Lab BSL-2 yang dibuat BPPT pada Rabu (16/12), Mobile lab itu diharapkan dapat meningkatkan tes di seluruh Indonesia.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan varian bus bernama mobile lab BSL-2. Kendaraan tersebut diharapkan dapat membantu proses 3T (tracing, testing, dan treatment) sehingga memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Apalagi sejumlah daerah masih kesulitan untuk melaksanakan tes dan penelusuran. "3T  bisa diimprovisasi dengan pelacakan (tracking) yang saat ini diupayakan pengembangan aplikasinya," kata Kepala BPPT Hammam Riza dalam keterangan tertulis, Rabu (16/12).

Advertisement

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Riza melepas keberangkatan mobile lab BSL-2 di Graha BNPB. Mobil tersebut merupakan inovasi dari peneliti dan perekayasa BPPT.

Kendaraan tersebut dapat membantu peningkatan kapasitas uji sampel spesimen Covid-19 di daerah sehingga prosesnya dapat lebih dipercepat, dipersingkat, dan lebih akurat.Hingga saat ini kapasitas pengujian sampel Covid-19 sudah mencapai 95% dari target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, ada beberapa wilayah yang mengalami kesulitan dalam pengujian sampel. "Sebagian laboratorium masih terpusat di beberapa kota besar dan masih menunggu waktu di dalam pengujian spesimen tersebut," ujar Hammam.

Lebih lanjut, dia mengatakan mobile lab BSL-2 memiliki kelebihan dibandingkan generasi sebelumnya. Salah satunya platform bus dibuat dengan memperkuat konsep mobilitas sehingga dapat mudah dioperasikan di daerah yang membutuhkan.

Kemudian, ada penambahan fasilitas untuk ekstraksi RNA sehingga dapat menggunakan reagen yang lebih bervariasi (metoda magnetic beads) untuk menjaga keberlanjutan pengujian. Ada juga beberapa pengembangan layout peralatan untuk meningkatkan akurasi data dan keamanan personil penguji.

Kendaraan tersebut disempurnakan pada sistem mekanik pintu yang dapat dibuka tutup secara touchless untuk menghindari adanya kontaminasi. Dalam kesempatan yang sama, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengapresiasi hasil inovasi karya anak bangsa tersebut dalam rangka mempercepat penanganan pandemi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement