Satu dari 4 Orang Terancam Tak Dapat Vaksin Covid-19 hingga Tahun 2022

Image title
16 Desember 2020, 19:25
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Osorio/wsj/cf
Foto oleh Carlos Osorio. Seorang tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin penyakit virus korona (COVID-19) Pfizer/BioNTEch kepada seorang tenaga pendukung pribadi Anita Quidangen di The Michener Institute, di Toronto, Canada, Senin (14/12/2020).

Satu dari empat orang mungkin tidak mendapatkan vaksin virus corona setidaknya sampai tahun 2022. Penyebabnya, negara-negara kaya yang penduduknya kurang dari 15% populasi global telah mencadangkan 51% dari dosis vaksin yang paling menjanjikan saat ini.

Peneliti dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg di Amerika Serikat mengatakan negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah harus berbagi sisa vaksin yang ada. Padahal, jumlah penduduk di negara tersebut mencapai lebih dari 85% populasi dunia.

“Ketidakpastian akses global terhadap vaksin Covid-19 tidak hanya berasal dari pengujian klinis yang sedang berlangsung, tetapi juga dari kegagalan pemerintah dan produsen vaksin untuk lebih transparan dan bertanggung jawab atas pengaturan tersebut,” ujar peneliti tersebut dilansir dari Reuters pada Rabu (16/12).

Pada 15 November 2020, negara-negara berpenghasilan tinggi telah memesan hampir 7,5 miliar dosis vaksin dari 13 produsen. Itu termasuk Jepang, Australia dan Kanada yang secara kolektif memiliki lebih dari 1 miliar dosis tetapi menyumbang kurang dari 1% dari kasus virus corona secara global.

Bahkan jika vaksin produsen terkemuka mencapai proyeksi kapasitas produksi maksimum mereka, hampir 25% populasi dunia mungkin tidak mendapatkan vaksin untuk satu tahun lagi atau lebih.

Koalisi People's Vaccine Alliance pekan lalu mengatakan perusahaan farmasi harus secara terbuka membagikan teknologi dan kekayaan intelektual mereka melalui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dengan begitu, lebih banyak dosis yang bisa diproduksi untuk kebutuhan global.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...