Pemerintah Berencana Tetapkan Syarat Swab Antigen di Seluruh Daerah

Image title
17 Desember 2020, 19:01
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, jakarta
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Warga menjalani "swab test" di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Pemerintah berencana memberlakukan syarat swab test antigen bagi pelaku perjalanan di semua daerah pada periode libur Natal dan Tahun Baru.

Satgas Penanganan Covid-19 menyebut ada tren lonjakan kasus setiap periode libur panjang. Untuk mengantisipasinya, pemerintah berencana menerapkan syarat ketat dalam libur panjang akhir tahun. 

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah tengah menyusun kebijakan terkait periode libur panjang. Salah satu usulannya yaitu menetapkan syarat tes bagi pelaku perjalanan. 

Advertisement

Dengan syarat tersebut, pemerintah ingin memastikan para pelaku perjalanan dalam kondisi sehat. "Kami meminta pemerintah daerah melindungi masyarakatnya dengan mewajibkan pelaku perjalanan sehat. Caranya dengan swab test antigen sebagai alat screeing Covid-19 yang diakui oleh WHO," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual pada Kamis (17/12).

Sejauh ini, Bali dan Jakarta telah mengimplementasikan kebijakan tersebut. Bahkan Bali mewajibkan pelaku perjalanan yang mengunakan pesawat wajib tes usap PCR H-2 keberangkatan.

Di sisi lain, Satgas meminta masyarakat mematuhi aturan tersebut jika telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Pasalnya, aturan itu dibuat untuk melindungi masyarakat dari Covid-19.

Apalagi selalu terjadi tren kasus positif setelah periode libur panjang. Hal itu menyebabkan kurangnya tempat tidur di ruang isolasi dan ICU. Satgas mencatat keterisian rumah sakit di beberapa daerah telah mencapai 70%. 

Dengan kondisi tersebut, tugas tenaga kesehatan di rumah sakit semakin bertambah. Sehingga menimbulkan potensi penurunan kasus kesembuhan dan peningkatan korban jiwa akibat Covid-19. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement