Satgas Pantau Perkembangan Mutasi Virus Corona di Inggris

Image title
22 Desember 2020, 21:49
satgas Covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
Youtube BNPB
Juru Bicara Gugus Tugas Penangan Covid-19 Wiku Adisasmito di kantor BPNP dalam konferensi video, Minggu (5/4). Satgas Covid-19 akan memantau perkembangan varian baru virus corona di inggris.

Satgas Penanganan Covid-19 terus mengikuti perkembangan varian baru virus corona. Virus itu muncul di Inggris pada pekan ini. 

Juru bicara penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan varian baru Covid-19 akan dikaji dan dianalisis urutan genetiknya. Hal itu untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil pemerintah berdasarkan bukti ilmiah. 

"Pemerintah terus mengikuti perkembangan varian COVID-19 di Inggris," kata Wiku dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (22/12).

Selain itu, menurut Wiku, langkah surveillance akan diperkuat pemerintah dengan memantau perkembangan virus. "Terlepas dari adanya varian COVID-19 di Inggris, pemerintah tetap meminta masyarakat untuk disiplin 3M," kata Wiku.

Adapun gerakan 3M terdiri dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak. Protokol kesehatan tersebut telah terbukti mencegah penularan virus corona. 

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berencana mengadakan pertemuan negara-negara anggota untuk membahas strategi melawan varian baru Covid-19 yang muncul di Inggris. Lembaga tersebut juga menganjurkan agar negara-negara membatasi perjalanan ke Inggris.

"Membatasi perjalanan untuk menahan penyebaran merupakan kebijakan yang bijaksana sampai kami memiliki info yang lebih baik. Rantai pasokan untuk barang-barang penting dan perjalanan esensial harus tetap berjalan," kata Direktur Regional WHO Hans Kluge di Twitter.

Lembaga yang berbasis di Jenewa itu telah memperingatkan kekhawatiran besar atas varian baru virus corona tersebut. Dengan mengatakan itu merupakan bagian normal dari evolusi pandemi dan memuji Inggris karena berhasil mendeteksinya.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...