Sebanyak 30 Negara Sudah Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Image title
28 Desember 2020, 19:24
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, internasional
ANTARA FOTO/REUTERS/Jennifer Lorenzini/foc/cf
Foto Jennifer Lorenzini. Para perawat menyambut prajurit yang tiba dengan botol vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 untuk melawan penyakit virus korona di Florence, Italia, Minggu (27/12/2020).

Sebanyak 78 juta orang telah terinfeksi Covid-19 dan 1,73 juta diantaranya meninggal dunia. Pengembangan vaksin virus corona yang begitu cepat pun membawa harapan dalam penanganan pandemi.

Oleh karena itu, sejumlah negara bergegas memulai vaksinasi Covid-19. Seperti Indonesia yang menargetkan akan memulai vaksinasi pada Januari 2021. 

Advertisement

Adapun negara-negara lain telah lebih dahulu menyuntikan vaksin virus corona kepada penduduknya. Dilansir dari Aljazeera, setidaknya ada 30 negara yang telah melaksanakan progam tersebut. Siapa saja mereka, simak ulasan berikut ini:


Inggris
Inggris menjadi negara pertama yang memulai vaksinasi. Negara tersebut menyuntikkan vaksin virus corona dari Pfizer-BioNTech pertama kali pada Margaret Keenan, 90 tahun, pada 8 Desember 2020.

Meski sudah memulai program vaksinasi, Inggris justru memberlakukan karantina wilayah karena penemuan mutasi virus corona. Varian baru virus tersebut disebut-sebut lebih cepat menular dari sebelumnya.


Amerika Serikat
Tak mau tertinggal, Amerika Serikat mengizinkan penggunaan vaksin Pfizer/BioNTech di hari yang sama dengan Inggris. Seorang suster di Kota New York, Sandra Lindsay, menjadi orang AS pertama yang menerima vaksin tersebut.

Sejauh ini, sudah lebih dari 1 juta orang AS mendapatkan vaksin Pfizer/BioNTech. Selanjutnya, AS akan memulai vaksinasi menggunakan produk buatan Moderna kepada lansia dan orang-orang di pedesaan.

Kanada

Negara yang bertetangga dengan AS itu memulai program vaksinasi pada 14 Desember 2020. Seorang wanita berusia 89 tahun di Quebec menerima vaksin buatan Pfizer/BioNTech.

Kanada juga mengizinkan penggunaan vaksin buatan Moderna. Pengiriman vaksin pertama dari Moderna diproyeksi akan tiba pada Kamis (31/12).

Uni Emirat Arab
Negara di Timur Tengah tersebut memulai program vaksinasi pada 14 Desember 2020. Negara tersebut mengizinkan penggunaan vaksin dari Pfizer/BioNTech dan Sinopharm dari Tiongkok untuk digunakan secara massal.

Saudi Arabia
Negara tersebut memulai program vaksin menggunakan produk Pfizer/BioNTech pada 17 Desmeber 2020.

Israel
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menerima vaksin virus corona pada 19 Desember 2020. Hal itu sekaligus menandai dimulainya program vaksinasi di Israel.

Netanyahu yang berusia 71 tahun bersama Menteri Kesehatan Israel menerima vaksin Pfizer/BioNTech di Pusat Kesehatan Sheba yang berada dekat Kota Tel Aviv. Acara tersebut disiakan langsung oleh stasiun televisi setempat.

Swiss
Negara di Eropa tersebut memulai vaksinasi penduduknya pada 23 Desember 2020. Lansiar berumur 90 tahun menjadi yang pertama menerima vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech.

Meksiko
Negara tersebut memulai program vaksinasi massal pada Kamis (24/12). Seorang perawat menjadi yang pertama menerima dosis pertama vaksin Covid-19.

Acara penyuntikan vaksin tersebut disiarkan oleh televisi setempat. Adapun penyuntikan vaksin virus corona dilaksanakan sehari setelah 3.000 dosis vaksin Pfizer/BioNTech tiba dari Belgia menggunakan pesawat.


Chili
Chili memulai program vaksinasi pada 24 Desember 2020. Chili menjadi negara kedua yang memulai program tersebut di Amerika Latin.

Seorang perawat berusia 42 tahun, Zuleme Riquelme, mendapatkan suntikan pertama vaksin virus corona. Negara tersebut menggunakan vaksin buatan Pfizer/BioNTech.


Kosta Rika
Negara tersebut menerima pengiriman vaksin Covid-19 pertama dari Pfizer pada pekan lalu. Kosta Rika pun memulai penyuntikan dosis pertama kepada Elizabeth Castillo, lansia berumur 91 tahun, pada 24 Desember 2020.

"Saya sangat bersyukur pada Tuhan, karena saya meminta banyak hal dari Dia. Hidup saya sangat penting, saya ambil keuntungan dari setiap momen," ujar Castillo dilansir dari Aljazeera pada Kamis (24/12).

Presiden Kosta Rika, Alvarado Quesada berharap vaksinasi bisa mengakhir pandemi corona.

Kuwait
Kuwait juga memulai program vaksina si pada 24 Desember 2020. Negara itu menerima 150 ribu dosis vaksin dari Pfizer dan BioNTech.

Serbia
Perdana Menteri Serbia Ana Brnabic menjadi orang pertama di negara itu yang mendapatkan suntikan vaksin virus corona. Adapun penyuntikan vaksin dilaksanakan pada 24 Desember 2020.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement