Kasus Covid-19 Tinggi, RI BIsa Jadi Ladang Subur Mutasi Virus Corona

Image title
30 Desember 2020, 21:57
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Pengendara melintas di depan mural lawan covid-19 di Kawasan Tomang, Jakarta Barat, Rabu (2/12/2020). TIngginya kasus Covid-19 di Indonesia berisiko meningkatkan probabilitas mutasi virus corona.

Penemuan mutasi virus corona di Inggris sempat menggegerkan dunia. Pasalnya, varian virus baru tersebut mampu menyebar lebih cepat. 

Ahli Epidemiologi dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, menyebut mutasi virus harus menjadi sinyal serius dalam penanganan pandemi. Pasalnya, mutasi merupakan sifat dasar virus yang dilakukan karena perlu berevolusi atau beradaptasi dengan lingkuan sekitarnya 

Mutasi itu terjadi saat virus menginfeksi atau bereplikasi dalam tubuh manusia dan hewan. Semakin banyak infeksi di suatu negara, semakin banyak virus yang kemungkinan bermutasi. 

"Dengan kondisi tersebut, Indonesi amenjadi ladang subur virus bermutasi, karena positivity rate yang tinggi dan sebagian kasus tidak terdeteksi di masyarakat. Sehingga kita punya potensi melahirkan strain baru," kata Dicky kepada Katadata.co.id pada rabu (30/12).

Dia pun mencontohkan situasi pandemi ketika virus SARS melanda Indonesia. Menurut dia, Indonesia saat itu memiliki strain SARS sendiri. 

Dengan potensi adanya mutasi virus di Indonesia, dia mengingatkan pemerintah agar situasi pandemi segera dikendalikan. Caranya dengan melaksankaan 3T yaitu tes, telusur, dan tindak lanjut.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...