Puncak Arus Balik, 16 Ribu Penumpang Kereta Tiba di Jakarta Hari Ini

Image title
3 Januari 2021, 12:54
kereta api, transportasi, libur, natal dan tahun baru, jakarta
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Penumpang kereta api Dharmawangsa dari Surabaya tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (3/1/2021). PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memperkirakan sekitar 15.000 - 16.000 lebih penumpang KA Jarak Jauh turun di area Daop 1 Jakarta pada puncak arus balik libur Natal dan tahun baru di hari Minggu dan Senin (3-4/1/2021).

Puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru diproyeksi terjadi pada akhir pekan ini. PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun mencatat ada sekitar 16 ribu penumpang yang akan tiba di area Daop I Jakarta pada Minggu (3/1).

Sedangkan pada Senin (4/12) diperkirakan ada sekitar 15 ribu lebih  penumpang kereta api jarak jauh yang yang akan tiba di area Daop 1 Jakarta, baik di Pasar Senen, Gambir, Stasiun Karawang, Cikampek, Bekasi dan Jatinegara. Para penumpang tersebut berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Total kereta yang akan tiba di Daop I Jakarta  pada 3 Desember 2020 mencapai 39 unit yang terdiri dari 22 kereta tiba di Stasiun Pasarsenen dan 17 kereta di Stasiun Gambir. Sedangkan pada 4 Desember 2020 terdapat 37 kereta di mana 21 kereta tiba di Stasiun Pasar Senen dan 16 kereta di Stasiun Gambir.

Adapun total penumpang kereta di area Daop 1 Jakarta sepanjang masa angkutan Nataru 2020/2021 (18 Desember 2020 - 3 Januari 2021) mencapai 125.131. Penumpang tersebut berangkat dari Stasiun Gambir, Pasarsenen dan Jakarta Kota.

PT KAI memastikan seluruh penumpang yang berangkat dan datang ke area Daop 1 Jakarta dalam kondisi sehat. Hal itu berdasarkan berkas rapid test Antigen dengan hasil negatif yang wajib dimiliki penumpang saat akan berangkat dari dan menuju area Daop 1 Jakarta dengan masa berlaku tiga hari. Selain itu kesehatan penumpang juga dipantau melalui pemeriksaan suhu tubuh sebelum berangkat dan sepanjang perjalanan secara berkala sampai tiba di stasiun akhir.

Hal itu untuk memastikan seluruh penumpang memiliki suhu tubuh normal. Hal tersebut juga bagian dari Standar Operasional Prosedur (SOP) yang wajib dilaksanakan pada saat pemberangkatan kereta api di seluruh stasiun.

Kepala Daerah Operasi 1 Jakarta, Eko Purwanto mengatakan bahwa penumpang yang tidak dapat memenuhi dua syarat protokol kesehatan tersebut, yakni surat rapid test antigen dengan hasil Negatif dan suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat dipastikan tidak dapat melakukan perjalanan kereta api.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...