Rumah Sakit Kewalahan jika Kasus Covid-19 Terus Melonjak

Image title
6 Januari 2021, 15:22
rumah sakit, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Sejumlah tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri lengkap saat jam pertukaran shift di rumah sakit rujukan COVID-19 RSUD Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (13/7/2020). Rumah sakit rujukan Covid-19 di sejumlah daerah telah terisi lebih dari 70%.

Satgas Penanganan Covid-19 terus menambah rumah sakit rujukan untuk pasien terinfeksi virus corona. Meski begitu, keterisian ICU dan ruang isolasi pasien Covid-19 terus meningkat dan hampir penuh.

Dengan kondisi tersebut, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebutkan Indonesia dalam kondisi darurat. "Kondisi ini mengkhawatirkan. Di beberapa daerah, keterisian tempat tidur per 2 Januari 2021 sudah melebihi 70%," ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/1).

Riset Katadata Insight Center (KIC) yang dirilis 3 April 2020 sebenarnya telah memproyeksi bahwa rumah sakit di Indonesia akan kelimpungan menangani pasien jika terjadi lonjakan kasus Covid-19. Riset tersebut mengambil contoh fasilitas kesehatan di Jakarta yang menjadi parameter kemampuan secara nasional.

Jakarta dipilih karena memiliki kapasitas layanan kesehatan terbaik di Tanah Air. Mulai dari fasilitas, tenaga kesehatan, hingga alokasi APBD membuat provinsi tersebut lebih siap menghadapi pandemi dibandingkan provinsi lain. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada April 2020, terdapat 189 rumah sakit (RS) dengan total 23.973 tempat tidur di Jakarta. 

Meski begitu, Jakarta merupakan provinsi paling rentan terhadap penyebaran Covid-19. Pasalnya, mobilitas penduduk ibu kota dan wilayah sekitarnya cukup tinggi. Sehingga berpotensi kewalahan melayani lonjakan kasus baru. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang pertumbuhan kasusnya paling cepat dengan rasio kematian tertinggi akibat Covid-19.

Jika menilik secara nasional, kapasitas rumah sakit di Tanah Air juga lebih rendah dari negara dengan kasus Covid-19 tinggi, seperti Amerika Serikat (AS), Tiongkok, Italia, Korea Selatan, dan Malaysia. Kementerian Kesehatan menyatakan terdapat 2.889 unit RS di seluruh Indonesia pada April 2020. Total tempat tidur yang tersedia mencapai 317.442 unit atau 1,2 unit per 1.000 penduduk.

Sedangkan Korea Selatan memiliki rasio 11,5 tempat tidur rumah sakit per 1.000 penduduk. Selain itu, Italia dan Amerika Serikat masing-masing berkapasitas sebesar 3,4 dan 2,9 unit ranjang per 1.000 penduduk.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...