Satgas: 1,1 Juta Orang Berwisata Saat Nataru, Banyak yang Tak Patuh 3M

Image title
6 Januari 2021, 18:17
pariwisata, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Sejumlah pengunjung memadati kawasan objek wisata pantai Desa Suak Indra Puri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Jumat (1/1/2021). Tingkat kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan saat berwisata menurun. Terutama selama libur Natal dan Tahun Baru.

Satgas Penanganan Covid-19 menyebut mobilisasi masyarakat melonjak tajam saat libur Natal dan Tahun Baru. Kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan 3M pun menurun.

Kepala Bidang Data dan Informasi Teknologi Dewi Nur Aisyah mengatakan terdapat lebih dari 1,1 juta orang pergi ke tempat wisata di seluruh Indonesia selama periode 24 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021. Jumlah tersebut naik 68,59% dari pekan sebelumnya yang mencapai 700.815 orang.

Advertisement

Jika hanya dihitung saat akhir pekan, kenaikkan jumlah kunjungan ke tempat wisata mencapai 94% atau hampir dua kali lipat dari akhir pekan sebelumnya. Lebih detail lagi, kenaikkan kunjungan ke tempat wisatat saat akhir pekan libur Natal meningkat sebesar 34,21%. Sedangkan kenaikkan saat akhir pekan libur Tahun Baru mencapai 161%. 

Dengan tingginya mobilitas masyarakat, pelanggaran protokol kesehatan pun meningkat. Dewi menyebut tren menggunakan masker saat Natal dan Tahun Baru turun sebesar 22,1%. Sedangkan kepatuhan menjaga jarak saat libur Natal mencapai sekitar 80%, namun turun ke angka 77% saat libur Tahun Baru.

Dengan kondisi tersebut, jumlah orang yang ditegur akibat tidak patuh protokol kesehatan mencapai 542 ribu orang. Angkanya lebih tinggi 75,48% dari periode sebelumnya yang mencapai 309 ribu.

Dari jumlah orang yang ditegur tersebut, lanjut Dewi, sekitar 1% tetap menolak mematuhi protokol kesehatan. "Ketika ditegur, ada yang menerima, ada yang berkomitmen untuk lebih baik,  tapi ada yang menolak. Jumlah yang menolak secara porsi kecil, tapi jumlanya bisa mencapai puluhan orang," ujar Dewi dalam Talkshow Covid-19 Dalam Angka yang disiarkan oleh Youtube BNPB Indonesia, Rabu (6/1).

Dia pun berharap masyarakat mau mematuhi protokol kesehatan ketika keluar rumah. Sebab, protokol 3M yang terdiri dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak merupakan kunci memutus mata rantai Covid-19.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement