Efikasi Vaksin Covid-19 Sinovac Capai 78%, Brasil Pesan 100 Juta Dosis

Image title
8 Januari 2021, 10:28
vaksin virus corona, sinovac, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3M
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Ilustrasi, kemasan vaksin COVID-19 di Command Center serta Sistem Manajemen Distribusi Vaksin (SMDV), Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/1/2021). Indonesia juga memesan vaksin virus corona dari Sinovac.

Pusat penelitian Brasil, Institut Butantan, menyebut vaksin Sinovac memiliki efikasi hingga 78%. Itu artinya vaksin virus corona buatan perusahaan Tiongkok mampu mencegah Covid-19

Butantan mengumumkan hasil uji coba tahap akhir vaksin Sinovac di Brasil pada Kamis (7/1) waktu setempat. Dengan hasil tersebut, Pemerintah Brasil menandatangani kesepakatan dengan Butantan untuk membeli 100 dosis vaksin Sinovac.

Menteri Kesehatan Eduardo Pazuello mengatakan pemerintah akan menggunakan vaksin bernama CoronaVac tersebut dalam program imuniasasi nasional pada tahun ini. Hal itu bertentangan dengan penyataan Presiden Brasil Jair Bolsonaro sebelumnya yang menolak vaksin Sinovac.

Bolsonaro mengatakan pada tahun lalu bahwa pemerintah tidak akan membeli vaksin dari Tiongkok. Namun, pernyatannya dikritik karena meremehkan situasi pandemi yang semakin buruk dan merusak kepercayaan masyarakat pada vaksin.

Brasil tengah menghadapi gelombang kedua pandemi. Hingga Kamis (8/1), negara tersebut mencatat 200.000 orang tewas akibat Covid-19.

Di sisi lain, Brasil tidak hanya mengandalkan vaksin Sinovac untuk program vaksinasi. Negara tersebut juga memesan 100 juta dosis vaksin dari AstraZeneca.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...