Lima Langkah Isolasi Mandiri yang Tepat saat Terpapar Covid-19

Image title
8 Januari 2021, 19:35
satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Tim relawan menyiapkan ruang isolasi pasien COVID-19 di Asrama Haji, Komplek Islamic Center Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (17/12/2020). Satgas Covid-19 menyebut isolasi mandiri harus dilaksankaan dengan benar agar tak menimbulkan risiko kematian dan penambahan kasus baru Covid-19.

Pasien Covid-19 yang tak bergejala biasanya diminta untuk isolasi mandiri. Namun, isolasi mandiri tidak bisa dilakukan sembarangan.

Sejumlah protokol harus ditaati agar tak menimbulkan kasus baru. Ketua Bidang Perubahan Perilaku COVID-19 Sony Harry B Harmadi pun menyebut ada lima langkah yang harus dilaksanakan saat isolasi mandiri.

Advertisement

Pertama, konsultasi dahulu dengan tenaga medis. Menurut dia, isolasi mandiri tidak bisa diiputuskan atas kehendak sendiri.

Sebab, tenaga medis paling mengerti jenis perawatan yang dibutuhkan pasien.“Tidak mungkin dokter melepas seseorang untuk isolasi mandiri kalau penyakit yang diderita dampaknya itu berbahaya,” ujar Sonny dalam Katadata Forum Virtual Series "Meredam Penyebab Covid-19 di Klaster Keluarga" pada Jumat (8/1).

Dia menyebut pasien gejala sedang hingga berat tak disarankan isolasi mandiri karena berpotensi membahayakan nyawa. Apalagi jika tanpa pengawasan medis.

Selain itu, paru-paru dan organ vital lainnya kemungkinan telah terinfeksi virus corona. Sehingga pasien yang bergejala sedang dan berat memerlukan pengobatan dan perawatan khusus. 

Langkah kedua yaitu tidak isolasi mandiri di hotel yang bukan rujukan pemerintah. Pasalnya, petugas hotel tidak mengetahui tamu yang datang sudah terinfeksi Covid-19.  Sehingga berpotensi terjaadi penularan saat berinteraksi.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement