Masyarakat Bisa Terpapar Covid-19 Meski Sudah Disuntik Vaksin

Image title
11 Januari 2021, 19:07
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa.
Dua warga melintasi papan informasi terkait vaksinasi COVID-19 di Jakarta, Kamis (31/12/2020). Pemerintah akan memulai vaksinasi Covid-19 pada pekan ini. Meski begitu, masyarakat diminta untuk selalu menjalankan 3M.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin virus corona buatan Sinovac. Program vaksinasi Covid-19 pun bisa segera dimulai.

Meski begitu, Kepala BPOM Penny K. Lukito mengingatkan bahwa vaksin bukan satu-satunya solusi untuk keluar dari pandemi. Menurut dia, vaksinasi harus diikuti oleh kepatuhan terhadap 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

Ketua Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia Iris Rengganis menambahkan, orang yang telah disuntik vaksin tidak langsung terbebas dari Covid-19. Bahkan dia menyebut masyarakat yang telah menerima vaksin bisa saja terinfeksi virus corona.

“Walau sudah dua kali disuntik, vaksin itu tidak ada yang 100% efektif, itu yang penting,” ujar Iris pada Konferensi Pers Emergency Use Authorization (EUA) Vaksin Covid-19, Senin (11/1).

Sebagai informasi, seseorang akan memperoleh dua dosis vaksin yang akan disuntikan dengan rentang dua pekan. Dua dosis itu diyakini akan membangun imunitas tubuh.

Namun, imunnitas seseorang tidak langsung terbentuk ketika divaksin. Iris menyebut perlu setidaknya 14 hari hingga tubuh memperoleh kekebalan terhadap Covid-19.

“Jangan sampai orang berpikir aman lalu tidak melakukan 3M setelah vaksin pertama. Sebelum vaksin kedua, dia sudah tertular," ujar Iris. 

Di sisi lain, Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (Itagi) Prof.Dr.Sri Rezeki Hadinegoro mengatakan meski ada potensi tertular Covid-19, vaksinasi tetap harus dilaksanakan. Sebab, vaksinasi dapat mengurangi tingkat keparahan yang disebabkan virus corona.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...