Vaksin Covid-19 Buatan Moderna Bisa Berikan Imunitas Selama 1 Tahun

Image title
12 Januari 2021, 11:32
vaksin virus corona, moderna, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Eduardo Munoz/Pool/foc/cf
Foto Eduardo Munoz/Pool. Vaksin COVID-19 Moderna di Northwell Health's Long Island Jewish Valley Stream Hospital di New York, Amerika Serikat, Senin (21/12/2020). Moderna mengklaim vaksin buatannya ampuh untuk berbagai jenis strain baru virus corona.

Moderna Inc mengklaim vaksin virus corona hasil eksperimennya dapat memberikan kekebalan hingga satu tahun. Vaksin tersebut juga bisa digunakan untuk varian baru Covid-19

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut telah mengembangkan vaksin dengan teknologi messenger RNA atau mRNA sintetis bernama mRNA-1273. Teknologi itu digunakan untuk meniru permukaan virus corona yang diharapkan mendorong sistem kekebalan tubuh mengenali dan menetralkannya.

Advertisement

Dalam pengembangannya, Moderna terus menjalankan tes dengan berbagai varian strain baru. Produsen farmasi itu pun yakin teknologi mRNA yang digunakannya cocok untuk menyebarkan vaksin berdasarkan varian baru virus corona yang telah muncul di beberapa negara.

Sejauh ini, Moderna mengklaim mampu memproduksi vaksin dengan jumlah yang banyak. Perusahaan menargetkan dapat mengirim 600 juta dosis dan 1 miliar dosis vaksin secara bertahap pada tahun ini.

Dengan jumlah tersebut, Moderna diproyeksi bakal mendapatkan dana US$ 11,7 miliar atau Rp 166,3 triliun dari hasill penjualan vaksin. "Tim merasa sangat nyaman dengan rekam jejak yang kami miliki sekarang, kami berada di jalur yang tepat untuk memberikan setidaknya 600 juta dosis," kata Chief Executive Officer Moderna Stéphane Bancel dilansir dari Reuters pada Selasa (12/1).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement