Beda dengan RI, Efikasi Vaksin Covid-19 Sinovac di Brasil Hanya 50,4%

Image title
13 Januari 2021, 11:22
vaksin virus corona, sinovac, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
Katadata
Vaksin Sinovac. Brasil mengumumkan hasil uji klinik yang menunukkan efikasi vaksin virus corona Sinovac hanya mencapai 50,4%.

Efikasi vaksin virus corona buatan Sinovac Biotech di Brasil ternyata hanya mencapai 50,4%. Angka tersebut lebih rendah dari pengumuman efikasi sebelumnya sebesar 78%.

Hal itu pun menimbulkan kekecewaan besar bagi negara tersebut. Apalagi vaksin Sinovac rencananya digunakan dalam program vaksinasi.

Advertisement

Beberapa ilmuwan dan pengamat mengecam pusat biomedis Butantan yang merilis sebagian data beberapa hari yang lalu. Hal itu menghasilkan ekspektasi yang tidak realistis dan menambah keraguan masyarakat terhadap vaksin Sinovac.

Terlebih lagi, vaksin asal Tiongkok telah mendapat kritik langsung dari Presiden Jair Bolsonaro. “Kami memiliki vaksin yang bagus, bukan vaksin terbaik di dunia, bukan vaksin yang ideal, ”kata ahli mikrobiologi Natalia Pasternak seperti dilansir dari Reuters pada Rabu (13/1).

Minggu lalu, para peneliti Brasil merayakan hasil uji klinik vaksin Sinovac yang menunjukkan efikasi hingga 78%. Peneliti pun berharap vaksin tersebut dapat menurunkan jumlah kasus Covid-19 dengan gejala ringan hingga berat. 

Namun, hasil efikasi tersebut ternyata hanya berlaku pada kasus infeksi sangat ringan di antara pada relawan. Hal itu pun menimbulkan kekhawatiran bahwa uji coba tersebut tidak tunduk pada pengawasan publik seperti di Amerika Serikat dan Eropa. 

Para peneliti di Butantan berkilah penundaan pengumuman hasil uji klinik hingga tiga kali karena adanya klausul kerahasiaan dalam kontrak dengan Sinovac. Meski begitu, Palacios dan pejabat di pemerintah negara bagian Sao Paulo, yang mendanai Butantan, menekankan bahwa vaksin Sinovca mampu memberikan pencegahan kasus baru Covid-19 dan tidak menimbulkan efek samping.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement